Anies Klaim Fasilitas Pengolahan Sampah LM dan RDF Terbesar di Indonesia, Apa Keistimewaannya?

Anies Klaim Fasilitas Pengolahan Sampah LM dan RDF Terbesar di Indonesia, Apa Keistimewaannya?

Anies Baswedan melakukan soft openning Fasilitas Pengolahan Sampah Landfill Mining (LM) dan Refused Derived Fuel (RDF) di Bantargebang-Istimewa/Intan Afrida Rafni-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan soft openning Fasilitas Pengolahan Sampah Landfill Mining (LM) dan Refused Derived Fuel (RDF) Plant di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Jalan Pangkalan V, Bekasi, Senin, 10 Oktober 2022.

Pada fasilitas pengolahan sampah itu, Anies menyebutkan nantinya akan ada sampah baru dan sampah lama yang diolah menjadi RDF. 

"Jadi sampah yang semula hanya ditumpuk begitu saja, sekarang diolah menjadi RDF dan ini memiliki nilai ekonomis ramah lingkungan," ujar Anies Baswedan saat memberikan sambutan. 

Diketahui, ini merupakan fasilitas RDF terbesar di Indonesia yang mana per harinya itu bisa mengolah sampah hingga 3.000 ton. 

BACA JUGA:Alasan KPK Perbolehkan Saksi Enembe Mundur, Tapi Bukan Berarti Harus Mangkir

Setelah diolah menjadi RDF, nantinya hasil tersebut bisa langsung dimanfaatkan menjadi Energi Baru Terbaru (EBT). 

"Stok sekarang ini yang terpakai dari kapasitas 3000 itu 2000 ton per hari, 1000 adalah sampah baru 1000 ton adalah sampah lama yang ada di Bantargebang," kata Anies Baswedan. 

"Jadi fasilitas ini secara bertahap nanti akan mengolah tumpukan-tumpukan sampah di Bantargebang untuk diubah menjadi RDF, begitu juga sebagian dari sampah baru 1.000 ton diolah menjadi RDF," lanjutnya.  

Lebih lanjut, Anies menyebutkan ada dua pabrik semen yang akan mememanfaatkan hasil dari olahan tersebut, yaitu PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) dan Indocement. 

Selain itu, fasilitas pengolahan sampah ini dinilai ekonomis ramah lingkungan, khususnya di i dustri. Anies pun berharap fasilitas tersebut bisa dijaga dengan baik oleh masyarakat. 

"Hari ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan fasilitas RDF Plant atau pabrik RFF yang menghasilkan bahan baku energi ramah lingkungan untuk industri," jelas Anies. 

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ambil tanggung jawab mulai dari memilah di tempat asal baik rumah tangga industri dan lain-lain sehingga proses pemilahan di sini bisa berjalan lebih efisien karena di fase prosesnya ada pemilahan sampah dulu karena sampahnya datang sebagai satu kumpulan segala jenis material," sambunhnya. 

BACA JUGA:Wapada! Cuaca Ekstrem Berlanjut di 32 Provinsi hingga 15 Oktober

Sebagai informasi, Landfill Mining sendiri adalah penambangan sampah dengan bertujuan untuk mengurangi sampah yang sudah tertimbun.

Sumber: