Temuan Baru 8 Pintu Stadion Kanjuruhan Terkunci saat Kerusuhan? Irjen Pol Dedi: Tidak Kita Harapkan

Temuan Baru 8 Pintu Stadion Kanjuruhan Terkunci saat Kerusuhan? Irjen Pol Dedi: Tidak Kita Harapkan

viral di media sosial suporter Arema terjebak di pintu keluar--Instagram/@video_medsos

JAKARTA, DISWAY.ID - Delapan pintu darurat yang berada di Stadion Kanjuruhan ternyata tak berfungsi saat peristiwa kerusuhan.

Tidak berfungsinya pintu tersebut menjadi salah satu faktor banyaknya korban dalam Tragedi Kanjuruhan.

Padahal, menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo apabila delapan pintu darurat yang berada di Stadion Kanjuruhan dapat difungsikan dapat meminimalisir korban dalam tragedi tersebut.

“Dari 8 pintu emergency seharusnya bisa difungsikan. Kalau itu bisa difungsikan, maka jatuhnya korban bisa diminimalisir,” ujar Dedi kepada wartawan, Senin 10 Oktober 2022.

BACA JUGA:Pengumuman! Ada 24 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, Cek Perinciannya

“Tapi ketika kejadian itu, fungsi dari emergency exit-nya itu tidak bisa berfungsi dengan baik. Tidak bisa dibuka itu yang betul-betul tidak kita harapkan,” sambungnya.

Lanjut Dedi, seluruh pintu di sekitar stadion semestinya tidak dalam kondisi terkunci serta harus dijaga oleh steward sehingga dapat difungsikan dengan baik.

"Sebelum pertandingan harus dipastikan di dalam regulasi ini semua pintu dijaga oleh steward, semua pintu harus dalam keadaan tidak boleh di kunci, dan apabila difungsikan harus mampu semaksimal mungkin bisa mengeluarkan penonton dalam keadaan selamat," jelasnya.

BACA JUGA:Cara Dapat Diskon Service di Bengkel Resmi Yamaha, Cukup Tunjukan Aplikasinya

Polres Malang

Sebelumnya, aksi aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang lakukan sujud untuk fans Arema FC buat heboh.

Sujud tersebut dilakukan anggota kepolisian Polres Malang untuk meminta maaf kepada Aremania dan Aremanita yang menjadi korban Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Aksi tersebut juga merupakan bentuk empati kepada masyarakat Malang Raya khususnya yang menjadi korban dalam tragedi Kanjuruhan tersebut. 

BACA JUGA:Catat, Sekjen Kemenag Jamin Gaji PPPK Tidak Bakal Disunat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: