Gangguan Pasokan Listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo, PLN Kerahkan Seluruh Sumber Daya

Gangguan Pasokan Listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo, PLN Kerahkan Seluruh Sumber Daya

PT PLN (Persero) gerak cepat mengatasi gangguan pada sistem kelistrikan di Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) dengan mengerahkan seluruh sumber daya.-PLN Suluttenggo for Disway.id -Disway.id

MANADO, DISWAY.ID - PT PLN (Persero) gerak cepat mengatasi gangguan pada sistem kelistrikan di Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) dengan mengerahkan seluruh sumber daya.

PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (PLN UIW Suluttenggo) menjelaskan bahwa pada saat terjadinya gangguan tenaga listrik, sistem proteksi langsung bekerja, Under Frequency Relay (UFR) secara otomatis mendeteksi gangguan frekuensi listrik dan secara bertahap bekerja untuk mengamankan sistem kelistrikan hingga indikasi gangguan ditemukan.

General Manager PLN Suluttenggo, Johanes Avilla Ari Dartomo menerangkan bahwa pihaknya langsung mengkoordinasikan sisi pembangkitan dan Penyaluran, sisi distribusi sampai dengan seluruh petugas di lapangan untuk memastikan upaya penormalan sekaligus melakukan identifikasi penyebab terganggunya sistem kelistrikan.

“Penyebab gangguan masih kami investigasi, kami langsung melakukan upaya penormalan melalui pengaturan dan pengalihan listrik dari Gardu Induk (GI) terdampak ke lokasi Gardu Induk terdekat sesuai dengan kapasitas peralatan secara optimal,” terang Dartomo, dalam keterangan yang diterima Disway.id Selasa, 10 Oktober 2022.

Data per pukul 18.00 WITA, PLN sudah berhasil memulihkan 64,99% gangguan kelistrikan yang terdampak. Saat ini PLN menerjunkan 92 petugas sebagai upaya memulihkan 26 gardu induk yang terdampak secara bertahap.

Dartomo juga menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini dan terus melakukan upaya percepatan penormalan dengan tetap memperhatikan keselamatan kerja bagi masyarakat umum maupun petugas yang bekerja.

BACA JUGA:PLN Siagakan 2.209 Personil Antisipasi Potensi Cuaca Ekstrem

"Kami memohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami kerahkan seluruh sumber daya yang ada agar masyarakat bisa menggunakan listrik kembali," ujar Dartomo.

Masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui playstore dan Appstore yang dapat memudahkan informasi kelistrikan bagi masyarakat dan terutama untuk pelayanan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: