Ternyata Ini yang Dimaksud Wahabi Kata Ustaz Adi Hidayat: 'Siapa Wahabi yang Dimaksud di Sini?'

Ternyata Ini yang Dimaksud Wahabi Kata Ustaz Adi Hidayat: 'Siapa Wahabi yang Dimaksud di Sini?'

Ustaz Adi Hidayat menyarankan membuat list produk Israel di Indonesia-Adi Hidayat Official-YouTube Channel

BACA JUGA:Syekh Yusuf al-Qaradawi Meninggal Dunia, Ulama Mesir yang Menentang Keras atas Tuduhan Wahabi

Ulama Pendiri Nahdlatu Ulama (NU)

Ustaz Adi Hidayat lalu menyinggung salah satu sosok pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang dikenal sebagai Syekh Abdul Wahab Hasbullah.

Lulusan S2 dari Libya itu meminta kepada semua orang-orang agar berhati-hati menyinggung atau menuduh seseorang dengan suatu sebutan tertentu.

"Siapa wahabi yang dimaksudkan di sini? Saya tidak mengerti, karena di antara pendiri Nahdlatul Ulama pun Syeikh Abdul Wahab Hasbullah. Wahab juga namanya, hati-hati."

"Murid-murid para ulama dulu juga ada Muhammad Abdul Wahab, bukan partner yang mendirikan King Saud (Kerajaan Saud di Arab Saudi), sebelumnya sudah ada Muhammad bin Abdul Wahab, saya tidak tahu mana yang dimaksudkan," terang Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Dari Ustaz Adi Hidayat Hingga Ustazah Ning Imaz, Sederet Pendakwah yang Pernah Diolok-olok Eko Kuntadhi

Ustaz Adi Hidayat lalu menegaskan bahwa dirinya bukan bagian dari Muhammad bin Abdul Wahab yang dikenal sebagai cendikiawan Islam asal Arab Saudi.

"Kalau saudara maksudnya yang mendirikan Saudi Arabia, saya bukan bagian dari itu, ya, karena saya bukan pengikut beliau, saya tidak sezaman dengan beliau, gitu kan, ya dan tidak tahu siapa beliau," kata Ustaz Adi Hidayat.

"Jadi, harus diperjelas yang membuat status (Wahabi) apa yang dimaksudkan itu. Jangan-jangan yang buat kalimat itu nggak ngerti apa isinya, hanya ramai-ramai tulis begini tulis begitu. Biasa itu, bagian dari pemanis kehidupan," tambahnya.

Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar orang mengaji dan menimba ilmu agama kepada ulama yang benar-benar bermanfaat ilmunya.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Sarankan Umat Muslim Amalkan Doa Ini Saat Sujud: Kalau Anda Ingin Cepat Dikabulkan...

Ia menyarankan agar berguru kepada ulama yang benar-benar mengajarkan Al-Quran dan Sunnah, sebagaimana dirinya saat ini yang dikenal dan diakui keilmuannya dalam memahami Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

"Dan yang seperti itu nggak usah dipikirin, buang-buang waktu, selesai. Jadi kalau Anda ngaji dengan siapa pun, kalau ada manfaat Anda ambil, tidak ada manfaat tinggalkan.

"Saya tidak pernah mengajarkan sesuatu, pertama membuat kelompok. Saya hanya ingin mengajarkan di Quran seperti ini, di Sunnah seperti ini, kalau menurut Anda baik silakan ambil. Kalau tidak baik tinggalkan pendapat saya," terang dia lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: