Sandy Walsh, Jordy Amat, Shyane Pattinama sudah Dinaturalisasi, Direktur P3S: Birokrasi Berbelit-belit

Sandy Walsh, Jordy Amat, Shyane Pattinama sudah Dinaturalisasi, Direktur P3S:  Birokrasi Berbelit-belit

Lima pemain naturalisasi ini diharapkan segera bergabung dengan Skuad Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.-Foto: Dok/Ilustrasi: Syaiful Amri-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID  - Direktur Studi Kebijakan Politik dan Politik (P3S), Jerry Massie, merasa heran mengapa saat ini pemain kelas dunia seperti Sandy Walsh, Jordy Amat dan Shyane Pattinama, proses naturalisasinya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) tak kunjung direalisasikan. pemerintah.


DPR RI resmi menyetujui proses naturalisasi calon pemain timnas Indonesia, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Hal ini disampaikan saat Rapat Paripurna DPR ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, Selasa 20 September 2022.-PSSI -Disway.id

Menurut Jerry, pegawai terlalu berbelit-belit. Namun justru memberikan angin segar dengan kemudahan bagi TKA mendapatkan kartu penduduk Indonesia.

Padahal, seharusnya pemain sepak bola lebih diutamakan karena bakal membela bangsa dan negara di kancah internasional. 

BACA JUGA:Justin Hubner dan Ivan Jenner Pemain Naturalisasi Indonesia Tiba di Tanah Air

"Benar aneh, ada pemain kelas dunia seperti Sandy Walsh, Jordy Amat sampai Shyane Pattinama sampai sekarang masih menunggu proses naturaliasasi selesai," kata Jerry dalam keterangannya yang disampaikan ke Disway.id Kamis 3 November 2022. 

"Harusnya sudah selesai sebelum pemyisihan piala Asia waktu lalu tapi pengurusannya terus molor. Memang sistem birokrasi kita berbelit-belit dan pilan-plan dan tak tahuana skala prioritas. Menurut saya WNA seperti China lebih mudah dan cepat mendapatkan e-KTP melalui online dari keturunan bangsa sendiri," sesal Jerry. 

Pernyataan Dirjen Disdukcapil Kemendagri, lanjut Jerry, konon katanya sudah keluarkan 13.056 e-KTP bagi WNA dan China paling banyak.

Lalu pertanyaanya, mengapa pemerintah terkesan mempersulit naturalisasi pemain sepak bola yang sejatinya bakal ikut andil mengharumkan nama bangsa di mata internasional.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Makin Ganas dengan Pemain Naturalisasi, PSSI Cari Lawan Lebih Mentereng

BACA JUGA:Proyek Naturalisasi PSSI Berjalan Mulus di Belanda  

Begitu pula dengan pengurusan pemain U-20 seperti Ivan Jenner dan Justin Hubner. Sebentar lagi mereka akan berlaga di piala Dunia U-20. Harusnya bisa dipermudah bila memang semua persyaratan dan berkas-berkasnya sudah dipenuhi.

"Jadi pemerintah jangan mempersulit para pemain naturlisasi ini. Saya curiga ini ada kepentingan politis jadi diperlambat terus," tutup Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: