Aplikasi Mobile JKN Mudahkan Peserta BPJS Kesehatan

Aplikasi Mobile JKN Mudahkan Peserta BPJS Kesehatan

Adi Hernawan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan digital di HP-nya. -BPJS Kesehatan-

LEBONG, DISWAY.ID - Satu lagi layanan BPJS Kesehatan yang sangat membantu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mobile JKN. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan peserta bisa mengakses layanan secara digital melalui gadget mereka.

Adi Hernawan, salah seorang peserta JKN di Lebong, Bengkulu, mengakui banyak kemudahan setelah menggunakan aplikasi Mobile JKN. ”Waktu itu saya lihat poster tentang aplikasi ini. Setelah diunduh lalu daftar untuk masuk. Saya lumayan terkejut ternyata banyak sekali menu yang disediakan aplikasi ini ya. Kalau begini lengkapnya harusnya mengurus administrasi tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan lagi. Bisa dari rumah saja ya,” ujar Adi.

BACA JUGA:Kisah Nasmawati, Kader JKN di Enrekang: Kene Semprot saat Ingatkan Pembayaran Iuran

Menu yang tersedia itu, kata Adi, antara info program JKN, pendaftaran peserta baru, pendaftaran pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan data peserta, konsultasi dokter, dan banyak menu lainnya.

“Hari gini semuanya serba digital kan, pesan makan saja zaman sekarang sudah digital. Tinggal pesan di aplikasi, nanti makanan kita diantar ke rumah. Sudah sebegitu modernnya kehidupan kita. Begitu juga dengan pengurusan administrasi di BPJS Kesehatan. Kalau bisa dari rumah kenapa harus repot-repot ke kantor,” ujarnya.

Adi pun sudah memanfaatkan aplikasi tersebut untuk urusan administrasi. Termasuk adanya  kartu digital yang bisa menampilkan kartu digital seluruh anggota keluarganya. ”Dari sekian banyak menu yang tersedia ini, favorit saya itu kartu peserta digital. Kalau bentuk kartu fisik masih bisa tinggal, tapi kalau telepon genggam rasanya jarang tinggal ya. Ya sudah pakai kartu digital saja. Praktis,” ujarnya.

Adi pun mengajak masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta JKN untuk segera mendaftarkan dirinya beserta seluruh anggota keluarganya untuk menjadi peserta JKN. Menurutnya, memiliki jaminan kesehatan itu penting sekali karena tidak ada yang tahu kapan penyakit akan menyerang.

”Kalau belum daftar program JKN karena alasan sibuk dan tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan, sekarang ada aplikasi ajaib ini. Bisa dari rumah saja. Praktis. Jangan lupa daftar ya,” katanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: