Konflik AS dan Arab Saudi Berlanjut di KTT G-20 Bali, Joe Biden Ogah Duduk Bareng dengan MbS

Konflik AS dan Arab Saudi Berlanjut di KTT G-20 Bali, Joe Biden Ogah Duduk Bareng dengan MbS

Presiden AS Joe Biden setelah turun di Air Force One di Bandara Ngurah Rai, Bali, Minggu malam, untuk menghadiri KTT G20 pada 15-16 November 2022.-SAUL LOEB-AFP-

JAKARTA, DISWAYID - Perselisihan antara dua negara yakni Amerika Serikat dengan Arab Saudi berlanjut di acara KTT G20 di Bali.

Ya, kedua negara kini tengah menghadiri acara KTT G20 di Bali, Indonesia. 

Kabarnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden maupun Pangeran Mohammed Bin Salman saling jaga jarak di acara KTT G20 di Bali.

Padahal kedua negara ini dikenal sebagai negara sekutu yang sudah terbina sejak lama.

Namun, belakangan ketegangan terjadi akibat masalah minyak.

BACA JUGA:Drama Old Trafford Memanas, Ronaldo ke Ten Hag: Saya Benci Anda

Dikutip dari US News, hal tersebut terjadi ketika Biden berangkat ke Mesir untuk pertemuan Perubahan Iklim PBB COP27, dan pertemuan tahunan AS-ASEAN dan Asia Timur di Kamboja.

"Biden 'tak ada rencana' bertemu Salman dalam menyikapi pemangkasan produksi minyak sebesar 2 juta barel oleh OPEC+, kelompok eksportir minyak mentah yang dipimpin Arab Saudi bersama Rusia," kata Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan.

"Biden tak akan sembrono, dan akan membuat langkah 'metodis' menyikapi hubungan negara itu dengan Arab Saudi yakni setelah Kongres AS kembali dari reses," sambungnya.

Hubungan AS dan Arab Saudi, yang sebelumnya sekutu, tengah bersitegang terkait pemangkasan produk minyak.

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja: Bank BTN Buka Rekrutmen untuk 3 Posisi, Cek Syarat dan Ketentuannya

Pemangkasan produksi minyak sebesar 2 juta barel dilakukan oleh OPEC+, kelompok eksportir minyak mentah yang dipimpin Arab Saudi bersama Rusia.

Harga minyak dunia meroket akibat serangan Rusia ke Ukraina.

Pemangkasan produksi itu membuat Pemerintahan Biden kesulitan untuk menahan harga gas dan minyak domestik serta inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: