Terbentuk Akibat Kekecewaan, Begini Sejarah Berdirinya G20

Terbentuk Akibat Kekecewaan, Begini Sejarah Berdirinya G20

Sejarah singkat berdirinya G20-sesneg-

Rafi Gandana dalam forum quora.com menjelaskan,  bahwa G20 secara praktis berbicara sebagai forum kekuatan regional di mana kekuatan regional dunia akan bertemu dan membahas hal-hal yang penting secara global.

Indonesia sering dianggap sebagai satu-satunya kekuatan regional Asia Tenggara yang mewakili sekitar 40% dari populasi dan ekonomi ASEAN. 

BACA JUGA:Didakwa Pasal Berlapis, Nikita Mirzani Tertawa dan Anggap Jaksa Lucu

BACA JUGA:Massa Mengamuk di Dogiyai 6 Gedung Pemerintah Dibakar, Pemicunya Bocah 5 Tahun Tewas Kecelakaan

Malaysia dan Singapura memang lebih baik dari Indonesia, tetapi mereka tidak memiliki ukuran yang sesuai dengan kepentingan Indonesia di panggung global.

Dengan Produk Domestik Bruto (PDB) gabungan sekitar $818 Miliar, Malaysia dan Singapura masih cukup jauh dari PDB Indonesia sebesar $1,3 Triliun, ada kesenjangan sekitar $500 Miliar antara Indonesia dengan Malaysia dan Singapura.  

Tanpa PDB gabungan akan ada kesenjangan $ 900 miliar antara Indonesia dengan Malaysia dan Singapura.

BACA JUGA:Kecewa dan Dikhianati Manchester United, Ronaldo Bakal Membelot ke Manchester City

BACA JUGA:Sambut WSBK Mandalika, 50 Bikers Komunitas Honda Jelajahi Pulau Lombok

Jika kita mengukur ekonomi dalam PDB PPP. Indonesia memiliki PPP (Purchasing Power Parity) sekitar $4 Triliun, sementara Malaysia sebesar $1.089 Triliun dan Singapura sebesar $617 Miliar. 

PDB gabungan dari tiga negara ASEAN terbesar Thailand, Vietnam, dan Filipina masih belum bisa menyamai ukuran Indonesia.

Baik dalam PPP maupun PDB Nominal, tidak ada negara ASEAN yang termasuk dalam 20 ekonomi terbesar di dunia. Oleh karena itu tidak ada dari mereka yang dapat memenuhi syarat untuk keanggotaan G20 dengan PDB mereka.

BACA JUGA:Kolaborasi Hyundai dan Adaro Minerals Indonesia, Amankan Persediaan Alumunium Bahan Baku Produksi Mobil

BACA JUGA:Ada Aturan-aturan Baru di Piala Dunia Qatar 2022, Beda dengan Gelaran Sebelumnya Loh

Berikut Anggota G20: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat,  dan Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: