Jadi Presidensi 2023, India Ingin Belajar dari Indonesia yang Sukses Gelar Presidensi G20 2022

Jadi Presidensi 2023, India Ingin Belajar dari Indonesia yang Sukses Gelar Presidensi G20 2022

Penutupan G20 Religion Forum (R20) di Nusa Dua, Bali, 3 November 2022. India akan menjadi tuan rumah pada forum berikutnya.-Ryan Suryadi-RRI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebagai Presidensi 2023, India ingin belajar dari kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan Employment Working Group (EWG) dan Labour Employment Ministers' Meeting (LEMM) G20 tahun lalu.

"Bukan hanya bagaimana memimpin sidang, tetapi juga mengelola kegiatan itu dapat memberikan kesan dan menampilkan sisi Indonesia dalam bentuk perspektif yang lebih utuh," ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan India Ms. Arti Ahuja, di Jenewa, Rabu 22 Maret 2023.

BACA JUGA:Drone Rusia Kembali Hantam Ukraina Usai Pertemuan Xi Jinping dan Putin

"Tidak hanya bicara isu yang diusung tetapi juga bicara sosial budaya yang dihadirkan sehingga menimbulkan impresi yang baik kepada negara-negara lain," tambahnya 

Dalam pertemuan itu, Sekjen Anwar mengatakan bahwa Indonesia siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Presidensi G20 India 2023 ini. 

BACA JUGA:Real Madrid Siap Saingi Barcelona Demi Dapatkan Florian Wirtz

Apalagi pada Presidensi G20 India 2023 ini, Indonesia sebagai ketua bersama dengan India dan Brazil.

Sekjen Anwar mengatakan bahwa Indonesia mendukung isu-isu prioritas yang diangkat oleh Presidensi India 2023, khususnya terkait upaya untuk mendekatkan kesenjangan keterampilan, perlindungan sosial, pemberdayaan pekerja gig, dan pembiayaan jaminan sosial yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Isu Perselingkuhan dengan Mimi Bayuh, Raffi Ahmad Ungkap Nagita Slavina Tak Kaget: Ketawa-Ketawa Aja

"Yang lebih penting adalah bagaimana kita menautkan antara tema yang diusung India itu dengan tema saat kita presidensi G20 Indonesia tahun lalu agar berkelanjutan," jelas Anwar.


Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan India Ms. Arti Ahuja,-Kemnaker-

Anwar menjelaskan pada Presidensi G20 Indonesia tahun lalu menghasilkan 5 dokumen dan beberapa hal yang memiliki keterkaitan dengan tema G20 presidensi India. 

Salah satu isu misalnya terkait dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam gig platform economy.

BACA JUGA:Hendak Perang Sarung, 5 Bocah di Tangerang Diamankan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: