11 Pembobol ATM Masuk Sel Polres Jakarta Barat

11 Pembobol ATM Masuk Sel Polres Jakarta Barat

Polres Jakarta Barat mengamankan 11 tersangka -Humas Polres Metro Jakarta Barat-

JAKARTA, DISWAY. ID - 11 pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) diamankan dan terpaksa dimasukkan sel di Polres Metro Jakarta Barat

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Haris Kurniawan mengatakan, ke-11 pelaku tersebut terdiri dari tiga kelompok, yakni kelompok pertama BR, AH, dan FD. 

Lalu, kelompok kedua berisi lima pelaku yakni, ANT, AS, DU, VRM, dan HS. Sedangkan kelompok ketiga berisi tiga pelaku yakni, MA, AG, dan AH. 

BACA JUGA:Bareskrim Polri Periksa Kepala Lab BPOM Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut, Apa Hasilnya?

"Modus operandi mereka adalah, dengan cara memasukkan kartu ATM yang sudah dipersiapkan," ujar Kompol Haris Kurniawan saat dikonfirmasi, Kamis, 24 November 2022.

Adapun kronologi penangkapannya, yaitu berawal dari laporan salah satu pihak bank swasta bahwa adanya selisih antara uang yang keluar dengan sisa dan total catatan dari mesin ATM-nya.

Melalui laporan tersebut, pihak kepolisian pun melakukan penyelidikan dengan penangkapan di lokasi yang berbeda-beda.

"Kelompok pertama kami amankan di daerah Karang Anyar, Sawah Besar, temannya di Jakarta Timur," kata Haris. 

"Kemudian kelompok 2 diamankan polisi di daerah Ciri Mekar Cibinong, pengembangan lagi di Gerbang tol Cieteureup kita amankan juga. Kemudian kelompok 3 kita amankan di wilayah Bogor," lanjutnya. 

BACA JUGA:Bos Jadi Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut, Begini Penampakan Pabriknya di Depok

Sedangkan untuk pihak bank sendiri mengalami kerugian sebanyak Rp 400 juta.

Lebih lanjut, modus kejahatan yang dilakukan para tersangka, yaitu dengan memilih mesin ATM versi lama yang berada jauh dari keramaian.

"Modus operandi dengan cara tersangka memasukkan kartu ATM yang sudah disiapkan untuk melakukan transkasi tarik tunai," jelas Haris. 

"Saat uang keluar, tersangka mencongkel exit shutter dari pada mesin ATM sehingga mesin tsersebut gagal transaksi, seolah tidak terjadi pemotongan saldo terhadap rekening tersebut," sambungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: