Bahaya, Ini 5 Cara Menghindari Kecanduan dalam Media Sosial

Bahaya, Ini 5 Cara Menghindari Kecanduan dalam Media Sosial

Menjelang Pemilu 2024, polisi mulai mengawasi akun-akun palsu di sosial media-ilustrasi/Foto: Pexels.com/cottonbro studio-Foto: Pexels.com/cottonbro studio

2. Jangan menggunggah konten hanya karena nafsu

Sebelum menggunggah, ada baiknya kamu mengetahui batasan-batasan pada orang lain.

Setiap orang tentu berbeda-beda dalam menerapkan suatu batasan. Ada yang berkata lumrah, namun di sisi lain hal itu bukan untuk konsumsi publik.

Nah, daripada kontenmu menimbulkan kegaduhan dalam media sosial, coba dipikir lagi apakah kontenmu cocok untuk dilihat oleh orang-orang.

Cara mudahnya, kamu bisa memposisikan diri sebagai orang lain yang akan melihat kontenmu. Jika itu merasa tidak baik untuk diunggah, lebih baik batalkan untuk memposting di media sosial.

Era digital saat ini sangat mudah untuk disebar meski konten telah dihapus. Karena itu, hati-hati sebelum menggunggah konten ke hadapan publik.

BACA JUGA:Mudah, Begini Cara Kirim Pesan WhatsApp ke Nomor Sendiri, Sudah Tahu Belum?

3. Hindari mengecek konten terlalu sering

Setelah kamu memposting konten, pastinya kamu ingin tahu siapa saja yang memberikan like atau sekedar melihat kontenmu. Wajar, karena sifat seseorang yang penasaran dalam berbagai hal.

Sebaiknya, jangan terlalu sering mengecek siapa saja yang telah melihat kontenmu. Khawatir kamu menjadi tidak fokus karena waktumu hanya untuk mengecek konten.

4. Keluar dari akun media sosial usai digunakan

Terkadang, seseorang sengaja untuk tidak keluar dari akun media sosial agar selalu update dengan perkembangan informasi. Hal ini baik, namun akan membuatmu menjadi tidak fokus.

Kenapa? Karena pekerjaanmu akan terganggu dengan suara notifikasi dari media sosial yang akhirnya kamu lihat terlebih dahulu. Ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena bisa menjadi candu.

Usai bermedia sosial, sebaiknya log out terlebih dahulu akunmu agar tidak mengganggu pekerjaan yang sangat penting. Keluar sementara dari media sosial tak akan membuatmu kehilangan berita hangat.

BACA JUGA:16 November Hari Angklung Sedunia, Google Doodle Ikut Merayakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: