Bahaya, Ini 5 Cara Menghindari Kecanduan dalam Media Sosial

Bahaya, Ini 5 Cara Menghindari Kecanduan dalam Media Sosial

Menjelang Pemilu 2024, polisi mulai mengawasi akun-akun palsu di sosial media-ilustrasi/Foto: Pexels.com/cottonbro studio-Foto: Pexels.com/cottonbro studio

JAKARTA, DISWAY.ID – Media sosial merupakan tanda dari perkembangan zaman yang semakin maju. Media sosial kini digunakan hampir semua kalangan.

Kemudahan dalam menggunakan media sosial membuat setiap orang tak bisa lepas darinya. Perkembangan informasi dapat tersebar dengan cepat melalui media sosial.

Tak ayal, media sosial selalu erat dengan kehidupan seseorang. Sehari saja tidak menggunakan media sosial, hidup terasa sangat hampa.

BACA JUGA:18 Karya TIK Indonesia Tembus ke Tingkat ASEAN

Media sosial juga dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan, karena berita yang up to date dan akurat. Meski begitu, tak melulu media sosial membawa pengaruh baik, salah satunya dapat membuat kecanduan.

Tak jarang, seseorang menggunakan media sosial dengan waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan pekerjaan lainnya terbengkalai.

Agar menggunakan media sosial tetap sehat dan tidak kecanduan, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan supaya tetap bijak.

BACA JUGA:Hive Social Digadang Jadi Opsi Pengganti Twitter, Begini Kelebihan dan Kekurangannya

1. Batasi konten yang akan diposting

Salah satu hal menarik dari media sosial adalah dapat dengan mudah mengunggah konten secara langsung. Dengan begitu, orang-orang dapat melihat aktivitasmu seharian atau mengetahui apa yang baru dari dirimu.

Namun, mengunggah konten dalam jumlah banyak tentu membuat privasimu jadi terancam. Orang-orang akan dengan bebas melihat unggahanmu dan kehidupanmu menjadi terekspos.

Privasi tidak boleh terlalu diumbar ke publik karena akan menjadi bahan perbincangan orang-orang. Bisa saja mereka berpendapat baik tentang unggahanmu, tetapi bukan tidak mungkin akan ada yang berpendapat sebaliknya.

Sebaiknya, batasi konten yang akan diposting supaya privasimu lebih terjaga.

BACA JUGA:Iklim Pasar Global Memburuk, Ratusan Karyawan Ruangguru Kena PHK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: