Cegah Stunting dengan Bahasa Agama, Kepala BKKBN: Penyuluh Agama Hingga Da'i Punya Kemampuan Spesial!

Cegah Stunting dengan Bahasa Agama, Kepala BKKBN: Penyuluh Agama Hingga Da'i Punya Kemampuan Spesial!

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo.-ist-

Ditambah dengan kolaborasi kementerian dan lembaga, antaranya melalui rumusan kebijakan, Ahmad Zayadi sekali lagi berharap setiap ikhtiar percepatan penurunan stunting dapat dituntaskan dengan baik, tutupnya. 

Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G. (K). dalam sambutannya mengatakan di Indonesia terdapat 4,8 juta kehamilan per tahun. Jumlah tersebut setara dengan penduduk Singapura. 

"Sehingga kita melahirkan satu negara tiap tahun," katq Hasto yang disambut tepuk tangan dari para peserta.

Hasto mengatakan keterlibatan setiap pihak dibutuhkan dalam upaya penurunan stunting salah satunya Penyuluh Agama. Maka atas arahan Menteri Agama kegiatan hari ini diinisiasi sebagai bentuk pembekalan bagi Penyuluh Agama untuk turut berperan dalam menyampaikan pengetahuan program Percepatan Penurunan Stunting kepada masyarakat di Indonesia. 

BACA JUGA:Kemensos Miliki Program Perlinsos Tekan Angka Stunting

Terkait dengan Penyuluh KB, Hasto berharap Penyuluh Agama dapat membagikan pengetahuan agama terkait pembentukan keluarga sakinah mawaddah warrahmah, sehingga Penyuluh KB tidak hanya memberikan informasi mengenai keluarga tapi juga menjadi contoh teladan dalam membina keluarga sakinah, mawadah, warohmah.

Hasto menyebutkan setiap tahun tercatat ada 2 juta pernikahan, dimana 1,6 juta hamil pada tahun pertama pernikahan. Dan ada 400.000 bayi yang dilahirkan diantaranya berpeluang stunting.

Diperlukan kolaborasi dari lintas sektor sehingga upaya pencegahan kasus stunting dapat dilakukan semenjak dini, yaitu sebelum pernikahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: