Legion Aktif Kampanyekan JKN di Tolikara

Legion Aktif Kampanyekan JKN di Tolikara

Sekretaris Dinas Kesehatan Tolikara Legion Elfrans Yikwa-Foto: BPJS Kesehatan-

TOLIKARA, DISWAY.ID - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dilaksanakan hingga ke pelosok tanah air. Termasuk di Kabupaten Tolikara di Provinsi Papua Pegunungan. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara Legion Elfrans Yikwa telah merasakan manfaatnya.

“Saya pernah mengalami sakit di Makassar, pada saat itu saya tidak membawa kartu JKN. Saya pun tetap dapat dilayani dengan baik dan semua biaya rumah sakit di Makassar dapat terjamin," kata Legion.

Berdasarkan pengalaman itu, Legion aktif mengajak masyarakat untuk menjadi peserta program JKN. Saat ini, kata Legion, masih banyak peserta yang belum paham dan menyadari pentingnya manfaat dari program JKN. Sebagai sekretaris dinas kesehatan, ia terus memberikan informasi tentang bagaimana pentingnya untuk memiliki Kartu JKN dan bagaimana prosedur dari pelayanan JKN ini. 

BACA JUGA:Memanfaatkan Antrean Online di Aplikasi Mobile JKN

Yang terpenting, kata Legion, saat sakit, peseta program JKN tidak perlu mengeluarkan biaya berobat. Semuanya sudah di-cover oleh BPJS Kesehatan. Peserta hanya perlu membayar iuran setiap bulannya agar fasilitas layanan kesehatan tersebut bisa terus digunakan. 

Dengan menjadi peserta JKN, sambungnya, secara tidak langsung membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. “BPJS Kesehatan yang merupakan bagian dari pemerintah dan menyalurkan sebagian kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah khususnya di bidang jaminan kesehatan. Saya berharap program ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan terus menolong sesama,” kata Legion. (*)

 

Sumber: