Jadi Rangkaian Konsolnas, KPU RI Gelar Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa Pemilu 2024

Jadi Rangkaian Konsolnas, KPU RI Gelar Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa Pemilu 2024

KPU RI melakukan simulasi pengaman unjuk rasa saat Pemilu 2024.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) menggelar simulasi pengamanan massa unjuk rasa di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 2 Desember 2022.

Adapun simulasi ini merupakan salah satu rangkaian konsolidasi nasional yang diikuti oleh seluruh KPU se-Indonesia sejak 1 sampai 3 Desember 2022.

"Simulasi pengamanan unjuk rasa dan pergesaran unit reaksi cepat URC Jagat saksana KPU RI," ujar salah satu wanita yang menjadi narator pada simulasi tersebut. 

"Kita akan menyaksikan peragaan pengamanan kantor KPU yang kali ini diumpamakan adlh KPU Banten. jadi KPU Banten saat ini diasumsikan tenda hijau di depan ini," lanjutnya. 

BACA JUGA:Begini Nasib Oknum Paspampres Perkosa Perwira Wanita Kostrad, Peringatan Jenderal Andika Tak Main-main: Pecat, Itu Harus

Berdasarkan pantauan Disway.id, simulasi tersebut berlatar belakang lokasi di KPU Banten. 

Diceritakan dalam aksi itu, tampak sejumlah rakyat bergerumun menyambangi kantor KPU Banten dengan membawa sejumlah tuntutan. 

Kemudian terdengarlah suara narator yang mengatakan bahwa simulasi ini dilakukan untuk pengamanan di Kantor KPU. 

"Tentu saja pelatihan yang dilakukan di SPN Lido akan ditampilkan di sini. Ini untuk pengamanan di kantor KPU, karena kantor KPU adalah objek yang harus dlindungi oleh orang-orang yang terlatih," kata narator. 

Lalu, dalam simulasi tersebut, para massa pun tampak memanas. Oleh karenanya pihak KPU Banten pun menurunkan personel gabungan, yaitu dari jagat saksana dan SPN Lido Polda Metro Jaya. 

"Di Indonesia ada 1.846 personel dari jagat saksana, SPN Lido Polda Metro Jaya dalam lima gelombang dan tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota," imbuhnya. 

BACA JUGA:Pelaku Kumpul Kebo Bisa Dipenjarakan, Peraturan Disahkan Bulan Ini

Tidak hanya itu, tim barikade polisi pun ikut terjun mengamankan aksi unjuk rasa yang terjadi di KPU Banten. 

Adapun brikade yang sudah mulai berada di titik aksi turut dihujani berbagai lemparan, seperti botol dan air. 

Sumber: