Sebelum Deddy Corbuzier, 17 Tokoh Sandang Pangkat Letkol Tituler Angkatan Darat, Ada Maestro Biola Idris Sardi

Sebelum Deddy Corbuzier, 17 Tokoh Sandang Pangkat Letkol Tituler Angkatan Darat, Ada Maestro Biola Idris Sardi

Deddy Corbuzier mengenakan seragam Komcad TNI AD dan memberi hormat ke Menhan Prabowo.-Dok Deddy Corbuzier-

Dalam situs resmi Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang dimaksud dengan pangkat tituler adalah Pangkat yang diberikan kepada Warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. Setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka Pangkat yang bersifat tituler dicabut.

Sedang dalam wesbsite Sekertaris Kabinet, secara garis besar yang dimaksud dengan pangkat tituler adalah pangkat yang diberikan pada pejabat non militer atau orang non militer yang diberi pangkat militer untuk kepentingan negara.

BACA JUGA:Penyesalan Putri Candrawathi Hambat Karir Para Polisi

BACA JUGA:Heboh Kawanan Monyet Turun Gunung ke Permukiman, Damkar Bandung Jelaskan Fakta Sebenarnya

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia, menyebutkan pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI adalah pangkat yang hanya diberikan kepada warga negara dan kedudukannya sepadan dengan jabatan keprajuritan serendah-rendahnya jabatan Letnan Dua.

Menurut PP Nomor 36 Tahun 1959, pangkat militer tituler diberikan kepada warga sipil yang diharuskan untuk menjadi bagian dari militer karena beberapa sebab.

Dalam PP tersebut, sebab seseorang diangkat dengan pangkat tituler seperti misalnya dalam keadaan perang dan seorang pejabat sipil harus mengisi pangkat militer.

Pejabat sipil tersebut kemudian diberi pangkat militer tituler untuk memenuhi syarat menjabat sebagai pejabat militer.

BACA JUGA:Waspada Sesar Lembang Aktif! Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Sampai 7 SR Ancam Bandung Barat dan Sumedang

BACA JUGA:Semeru Naik Status Awas! Awan Panas Guguran Sudah Sampai Gladak Perak

Pangkat ini kemudian akan secara otomatis dicabut ketika situasi tidak lagi mengharuskan orang tersebut untuk menjadi militer.

Sedangkan sejak Indonesia berdiri, pangkat tituler sudah diberikan sejak masa Presiden Soekarno. 

Ada 17 tokoh hingga saat ini yang menerima pangkat tituler AD. Sebelum Deddy Corbuzier, kalangan pesohor yang mendapat pangkat tersebut ada nama Idris Sardi pada 1996.

Begawan musik Idris Sardi mendapatkan pangkat Letkol Tituler TNI AD dan dipercaya memimpin Satuan Musik Militer (Satsikmil) Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat.

Alhasil, selama menyandang pangkatnya, Idris Sardi menghasilkan karya berbagai mars musik di TNI AD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: