Inflasi Makin Bonyok! The Fed Naikan Suku Bunga Lagi 50 Basis Poin, Harga-harga Makin Gak Karuan Nih!

Inflasi Makin Bonyok! The Fed Naikan Suku Bunga Lagi 50 Basis Poin, Harga-harga Makin Gak Karuan Nih!

Suku bunga,Ilustrasi--

JAKARTA, DISWAY.ID - Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) kembali menaikan suku bunga 50 basis poin pada Rabu 14 Desember 2022 waktu setempat.

Kendati demikian, kenaikan setengah poin itu lebih kecil dari empat kenaikan suku bunga terakhir, yaitu kenaikan 75 basis poin.

Ini menjadi titik tertinggi dalam 15 tahun, sekaligus memberi petanda jika persoalan inflasi global masih berlanjut. 

BACA JUGA:Catat! Mau Mudik Nataru? Baiknya Hindari Tanggal Ini, Dijamin Bebas Macet!

Imbas dari kebijakan tersebut, Indeks Dow Jones Industrial Average langsung menukik tajam, jatuh hampir 500 poin tepat setelah pengumuman sore. 

Kenaikan suku bunga tinggi bakal meningkatkan risiko yang menyebabkan resesi, dan banyak ekonom memprediksi penurunan ringan di paruh kedua tahun depan.

Dikutip dari Antara, hal yang paling dirasakan dalam jangka terdekat ini adalah Inflasi yang tercatat pada Indeks Harga Konsumen (IHK) pada hari Selasa 13 Desember 2022.

BACA JUGA:Ronaldo Terpuruk! Dicampakan Klub hingga Bertengkar dengan Jorge Mendes

Di mana, harga pangan terus meningkat, sudah mencapai rekor tertinggi, naik 0,5 persen pada bulan November dari bulan sebelumnya. 

Harga makanan telah melonjak 10,6 persen dari waktu yang sama tahun lalu.

The Fed menyampaikan kenaikan suku bunga 50 basis poin yang diantisipasi secara luas pada akhir pertemuan kebijakan Desember 2022. Ini adalah kenaikan lebih kecil dari empat kenaikan suku bunga berturut-turut sebelumnya sebesar 75 basis poin. 

Dengan kenaikan suku bunga 50 basis poin mendorong suku bunga antara 4,25 persen-4,5 persen,d an merupakan level tertinggi dalam 15 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: