Apakah Penderita Kanker Serviks Bisa Sembuh dan Tidak Kambuh Lagi? Simak Penjelasa Ahli

Apakah Penderita Kanker Serviks Bisa Sembuh dan Tidak Kambuh Lagi? Simak Penjelasa Ahli

3 jenis kanker ini diklaim muncul karena masalah kebersihan--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Apakah kanker Serviks yang umumnya menyerang kaum wanita masih bisa disembuhkan di dunia medis?

Diketahui, Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang mengerikan oleh banyak orang, termasuk dengan Kanker Serviks yang menyerang kaum Wanita. 

Kanker sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali didalam tubuh manusia. 

Pemicu kanker bermula dari pertumbuhan sel yang abnormal hingga dapat merusak sel normal disekitarnya, dan dibagian tubuh lainnya. 

BACA JUGA: 3 Alasan Download Sigma Battle Royale APK Dilarang Keras via Link Ini, Hati-hati HP Anda Bisa Jadi Taruhannya

Hingga kini, kanker sendiri masih menjadi penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak pada urutan kedua, karna pada umumnya kanker sendiri tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya.

Akibat, kondisi yang terdeteksi dan ditangani sudah mencapai stadium lanjut dengan resiko yang lebih berbahaya. 

Kanker Serviks ini sendiri adalah kanker yang mempengaruhi jaringan menuju bagian bawah rahim, tempat rahim dan vagina terhubung satu dengan lainnya. 

Mengutip, Medical News Today yang sudah ditinjau secara medis, Kamis 15 Desember 2022, Kanker Serviks dapat disembuhkan, tetapi apakah dapat hilang secara permanen dan tidak muncul kembali dikemudian hari, itu tergantung oleh beberapa faktor. 

BACA JUGA:Rian Ernest Keluar Dari PSI Tak Akan Berpengaruh Pada LBH PSI, Sigit Widodo: Perginya Satu Orang Tidak Berpengaruh

Dengan menjalani deteksi kemungkinan kanker secara dini, dan respon yang baik terhadap pengobatan penyakit kanker itu sendiri, bisa meningkatkan peluang untuk pasien dapat sembuh secara total. 

Dalam beberapa kasus, terdapat Kanker Serviks yang bisa disembuhkan setelah menjalani semua pengobatan yang dibutuhkan, dan tidak pernah kembali atau kambuh menyerang lagi.

Namun, sulit untuk mengetahui dengan pasti bahwa kanker tidak pernah kembali lagi. Hal tersebut membuat banyak Dokter yang menggunakan istilah "Remisi", sebuah istilah Remiis Partial yang memiliki arti "Ada lebih sedikit tanda dan gejala kanker", sedangkan Remisi Lengkap mengandung arti "Tidak ada tanda-tanda kanker yang terdeteksi". 

Menurut penelitian yang telah dilakukan, banyak pasien yang menjalani pengobatan untuk Kanker Serviks stadium awal memasuki remisi, dengan hanya 10 sampai 15 persen yang terdeteksi adanya kemungkinan untuk kambuh kembali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: