Mengenal OCD: Jenis, Penyebab, dan Tes Penyakitnya

Mengenal OCD: Jenis, Penyebab, dan Tes Penyakitnya

Ilustrasi: Ketakutan yang dalam-Syaiful Amri/Disway.id/Pixabau/@Peggy_Marco-

Namun meski pun sudah membersihkan diri dan barang-barang, penderita OCD tipe cleaner akan selalu merasa kotor dan bahkan mereka enggan untuk bersentuhan dengan orang lain.

BACA JUGA:Berkas Mantan Rektor Unila Siap Naik Pengadilan

BACA JUGA:Simak 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Wajah, Bisa Cegah Kanker Kulit?

3. Tipe Orderers

Jenis penderita OCD tipe orders atau penyuka kerapihan akan menata barang sesuai dengan warnanya, bentuknya, dan hal-hal simetris lainnya. Penderita OCD jenis ini akan mengatur secara urut, sejajar, dan simetris, sehingga banyak waktu yang terbuang untuk mengurusi hal itu.

Namun apabila penderitanya mengabaikan hal itu, ia akan merasa cemas bahkan depresi. Untuk itu ia membutuhkan keteraturan agar ketegangannya berkurang.

4. Tipe Obsessionals

Penyakit OCD yang memiliki penderita tipe obsessionals atau pemikiran intrusive ini akan selalu berpikir tentang kejadian buruk yang membahayakan dirinya dan orang lain. Tipe ini memiliki pemikiran obsesif sehingga segalanya dilakukan harus tepat, sesuai, dan sempurna.

BACA JUGA:Nekat Pakai Plat Palsu Demi Hindari ETLE dan Gage, Pengemudi Innova Kena Tilang di Bundaran HI

BACA JUGA:Prediksi Tren Gaya dan Warna Rambut Wanita Tahun 2023, Pink Mendominasi, Nih!

Penderita OCD tipe ini juga memiliki ketakutan bahwa dirinya membawa kemalangan bagi orang lain. Untuk itu ia akan menghindari hal yang menjadi pemicunya.

5. Tipe Hoarders

Penderita tipe ini tidak tega untuk membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai, sehingga terjadi penumpukan. Hal ini terjadi karena penderita merasa takut sesuatu yang penting akan terjadi jika barang tersebut dibuang.

Masih belum diketahui apa penyebab penyakit OCD hingga saat ini, namun ada beberapa faktor-faktor tertentu yang diduga membuat seseorang menjadi OCD antara lain seperti faktor keluarga, penyakit mental lain, dan juga lingkungan.

BACA JUGA:Irjen Krishna Murti : 34 WNI Korban Perdagangan Orang di Kamboja Dipulangkan ke Tanah Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: