Golok Banten Didaftarkan sebagai Warisan Dunia ke Unesco

Golok Banten Didaftarkan sebagai Warisan Dunia ke Unesco

Tim Golok Banten ke Museum di Amsterdam.-ist-

SERANG, DISWAY.ID-- Golok Banten selaku warisan seni dan budaya khas daerah Provinsi Banten tengah proses didaftarkan ke Unesco.

Pendaftaran Golok Banten ke Unesco untuk ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. 

Sedangkan proses pendaftaran Golok Banten ditunjukkan Tim Golok Polda Banten saat melanjutkan misi untuk bisa mendaftarkannya dengan mengunjungi salah satu museum di Belanda National Maritime Museum in Amsterdam pada Jumat, 16 Desember 2022.

BACA JUGA:Sinopsis Tajwid Cinta 18 Desember 2022 Terbaru, Klik Linknya Buat Nonton Gratis di Sini

Dalam kesempatan ini, tim berdiskusi dengan Direktur Museum Nasional Maritim Michael Huijser dan menyampaikan tujuan Tim Golok Polda Banten untuk melihat koleksi dan histori benda berupa golok juga bendera bergambar golok silang yang ada di museum tersebut.

“Selain itu tim juga bertemu dengan Jeroen van der Vilet, Kepala Koleksi pada museum tersebut,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga.

Diskusi berlangsung di ruang rapat museum dengan agenda awal yaitu pemberian Buku The Golok Kapolda Banten Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto kepada Direktur Museum untuk menjadi tambahan koleksi di museum tersebut.

“Apresiasi tinggi untuk kehadiran tim dari Polda Banten ke museum dan terimakasih atas pemberian buku The Golok dari Kapolda Banten,” kata Michael.

BACA JUGA:Kekecewaan Hotman Paris Lihat 'Keanehan' Hukuman Doni Salmanan: Nangis Aku, Nasib Negeriku

Selanjutnya tim fokus pada sebuah gambar bendera berbentuk golok saling silang yang dikenal sebagai Bendera Maritim Kesultanan Banten, dan sesuai dengan data koleksi digital, benar bahwa ada peta bergambar bendera tersebut yang merupakan koleksi dari museum tersebut.

“Benar ada koleksi peta yang dibuat oleh perusahaan lama gabungan dari beragam bendera yang kapalnya berlayar di perairan Belanda, salah satunya adalah gambar bendera yang disebut berasal dari Bantam,” jelas Jeroen.

Penjelasan ini memberikan fakta bahwa ketika zaman VOC abad ke-16 lalu, Kesultanan Banten sudah dikenal di perairan Belanda.

“Selain itu Golok Banten telah menjadi identitas di bendera kapal-kapal yang digunakan Kesultanan Banten dalam membangun hubungan dagang dengan Belanda ketika itu,” jelas Shinto yang ikut dalam kunjungan tersebut.

BACA JUGA:Putri Candrawathi Mengaku Pahanya Dipegang-Pegang Brigadir J, Diungkap Jelas Oleh Benny Ali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: