Waspada, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membahayakan Kesehatan Jantung

Waspada, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membahayakan Kesehatan Jantung

Ilustrasi alat peraga jantung-Unsplash.com/Robina Weermeijer-

Kebiasaan tidur terlalu lama juga tidak disarankan oleh AHA. Penelitian tersebut mengungkap, orang berisiko terjangkit kardiovaskular sebanyak 56 persen jika tidur lebih dari 9 jam per hari.

2. Terlalu banyak makan garam

Tubuh perlu asupan garam serta sumber yodium. Meski begitu, konsumsi garam berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

Garam berlebih juga menjadi penyebab seseorang mengalami hipertensi atau darah tinggi. Hal ini tentu sangat berbahaya, karena akan mengganggu kesehatan jantung.

Karena itu, batasi konsumsi garam setiap harinya. Asupan garam sebenarnya telah diatur dalam Peraturan Menkes Nomor 30 tahun 2013, di mana konsumsi garam dibatasi sebanyak 50 mg per hari atau setara satu sendok teh per hari.

BACA JUGA:8 Jabatan Kepala OPD di Provinsi Banten Kosong, Minat?

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan Truk Pasir Oleng Menimpa Mobil Dinas TNI AD di Cibubur

3. Banyak berdiam diri

Kesehatan jantung diperlukan dengan melakukan kegiatan bermanfaat, salah satunya olahraga. Orang yang terlalu lama duduk seharian bisa berisiko terkena gangguan jantung.

Sebuah penelitian menyebut, duduk selama 6 sampai 8 jam per hari bisa menyebabkan kematian akibat jantung hingga 12 persen. Sementara, duduk lebih dari 8 jam sehari berisiko mematikan hingga 20 persen.

Sebaiknya, kamu imbangi dengan berolahraga rutin tiap hari. Lakukan olahraga paling lama 30 hingga 45 menit sehari untuk meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:Chuck ke Rumah Sambo, Ada Provos Bersenjata Laras Panjang, Dikira Dampak Putusan Etik AKBP Brotoseno

BACA JUGA:Ini 5 Fakta Suku Bajo yang jadi Inspirasi Film Avatar 2, Bagaimana Asal-usulnya?

4. Jarang melakukan pemeriksaan kesehatan

Biasanya, orang tidak akan pergi ke rumah sakit jika tidak merasa sakit. Walau begitu, melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rutin sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuhmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: