Prediksi Cuaca Badai Dahsyat Bikin Heboh dan Meleset, BRIN Minta Maaf

Prediksi Cuaca Badai Dahsyat Bikin Heboh dan Meleset, BRIN Minta Maaf

Gedung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)--

JAKARTA, DISWAY.ID-Sempat memprediksi cuaca badai dahsyat yang menghebohkan dan tidak terbukti, BRIN akhirnya minta maaf. 

Peneliti klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer di Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin mengakui prediksi cuacanya soal badai dahsyat di Jabodetabek pada 28-29 Desember 2022 meleset. 

Selain itu, menurutnya, terjadi misinterpretasi publik mengenai istilah badai dahsyat. 

BACA JUGA:BRIN Prediksi Badai Dahsyat Akan Melanda Jabodetabek 28 Desember, BMKG : Itu Dideteksi di Papua

“Oleh karena itu saya memohon maaf atas dampak terhadap publik yang berada di luar kendali saya,” katanya lewat keterangan tertulis, Jumat 30 Desember 2022.

Diketahui, prediksi Erma tentang badai dahsyat tersebut viral dari cuitannya di Twitter 26 Desember 2022. 

Siapapun Anda yg tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022.” Demikian cuitannya yang berlanjut dengan cuitan mekanisme badai dahsyat tersebut. 

Menurutnya, rangkaian cuitan tersebut untuk menjawab pertanyaan publik, seperti jurnalis maupun lembaga operasional. 

BACA JUGA:Soal Info Badai Dahsyat dari BRIN Beda dengan BMKG, DPR RI Bakal Panggil 2 Lembaga Itu

Mereka, kata Erma, bertanya soal waktu potensi banjir bisa terjadi, terkait dengan rilis BMKG soal kewaspadaan cuaca ekstrem dan peningkatan hujan. 

“Maka saya berinisiatif membuat cuitan di media sosial dalam forum yang terbatas sebagai bahan diskusi yang bisa saya kendalikan,” jelasnya. 

Erma lanjut menjelaskan, saat melihat data prediksi dari Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) yang dikembangkan oleh BRIN, kata Erma, terdapat potensi terjadi hujan ekstrem dan persisten di Jabodetabek pada 28 Desember yang dimulai dari pukul 09.00-14.00 WIB dan dilanjutkan pada malam hari hingga pagi besoknya, 29 Desember 2022. 

BACA JUGA:Bukan Badai, BMKG: Hujan dengan Intensitas Sedang Hingga Lebat

“Dengan mencermati data-data tersebut saya sangat was-was, cemas, dan khawatir potensi banjir besar Jabodetabek bisa terjadi pada 28-29 Desember 2022,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: