Ini Dia 10 Cara Merawat Laptop Agar Tak Mudah Rusak, Baterai Laptop Jangan Lewat 25 Persen

Ini Dia 10 Cara Merawat Laptop Agar Tak Mudah Rusak, Baterai Laptop Jangan Lewat 25 Persen

Tips membetulkan laptop yang Freeze-Pexels.com/Hasan Albari-

JAKARTA, DISWAY.ID - Merawat laptop tentunya bukan hal yang sulit. Namun, tak sedikit orang yang lupa untuk merawat laptop dengan rutin.

Padahal, kesehatan laptop sangat penting, karena laptop menjadi alat penunjang untuk bekerja. Jika merawat laptop tidak dilakukan dengan rutin, kondisi laptop akan semakin menurun dan cepat rusak.

Melihat harga laptop yang lumayan mahal, merawat laptop menjadi pilihan yang tepat agar tak mudah rusak. Selain itu, laptop dapat digunakan dalam waktu yang lama, lho.

BACA JUGA:Jadwal M4 Mobile Legends Babak Knockout 9 Januari 2023, Nonton Streaming GRATIS di Sini

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara merawat laptop agar tidak mudah rusak dan selalu awet.

1. Rutin membersihkan slot CD/DVD rom

Sebagian laptop mungkin sudah tidak memiliki slot CD/DVD rom untuk mengakses CD. Biasanya, hanya laptop yang berharga cukup tinggi yang memiliki slot ini.

Ternyata, slot CD/DVD rom masih bermanfaat untuk mengakses dan menyimpan data melalu kepingan CD. Jarangnya pemakaian CD membuat slot ini hampir tak pernah dibuka dan menjadi berdebu

Karena itu, selalu bersihkan slot CD/DVD rom dari debu yang menempel. Lakukan dengan perlahan agar tidak mengganggu komponen optical drive.

BACA JUGA:Cara Mudah Aktifkan Proxy WhatsApp Resmi Android dan iPhone, Apa Fungsinya? Cek Penjelasan Chat Tanpa Internet

2. Gunakan laptop di tempat rata

Seringkali laptop digunakan di atas kasur. Ini akan membuat penggunanya terasa nyaman karena duduk di kasur empuk sembari bekerja dari laptop.

Padahal, laptop memiliki saluran udara di bagian bawah sebagai tempat sirkulasi udara. Permukaan kasur yang tidak rata akan membuat aliran udara terhambat dan menyebabkan overheating.

Menggunakan laptop haruslah di tempat yang rata seperti meja dan lantai. Dengan begitu, udara panas dapat keluar dari bawah laptop dan mudah bersirkulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: