Awas, Kemenag Sebut Pengemis Online Bakal Temui Allah SWT Tanpa Sepotong Daging di Wajahnya!

Awas, Kemenag Sebut Pengemis Online Bakal Temui Allah SWT Tanpa Sepotong Daging di Wajahnya!

Hukum dalam Islam Mengenai Pengemis Online di TikTok---TikTok

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Urusan Agama Islam, dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Adib menjelaskan tentang hukum dalam Islam mengenai orang yang suka mengemis online di TikTok.

Adib menilai kegiatan mengemis secara online menjadi salah satu contoh perilaku yang sangat tercela.

Ia mengimbau masyarakat Indonesia tidak melakukan kebiasaan mengemis, melainkan mencari alternatif lain atau berusaha keras mendapat pekerjaan yang layak.

BACA JUGA:Tegas! Polri Bakal Tindak Fenomena Ngemis Online, Termasuk Mandi Lumpur di TikTok

"Saya lihat dari ajaran Islam sendiri ya, bahwa meminta-minta itu tidak terpuji, banyak hadis yang menyampaikan orang yang meminta-minta memiliki derajat yang terendah," ujar Adib.

Bahkan Adib mengatakan, dikutip dari hadist riwayat Ahmad, orang yang sering mengemis dapat diibaratkan sebagai manusia yang tidak punya daging di wajahnya.

Dalam kata lain, orang yang sering mengemis jelas menjadi pribadi yang tidak punya rasa malu.

Pernyataan itu tersirat karena manusia pada dasarnya sudah diciptakan dengan akal sehat yang tidak dipunya oleh hewam amupun tumbuhan.

BACA JUGA:LINK Download Tiktok 18 Mod Apk, Aplikasi Tiktok Khusus Dewasa, di Bawah 18 Tahun Dilarang Masuk!

لَا تَزَالُ الْمَسْأَلَةُ بِأَحَدِكُمْ حَتَّى يَلْقَى اللهَ، وَلَيْسَ فِي وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ

"Kegiatan meminta-minta (mengemis) akan selalu ada pada diri seseorang sampai ia menemui Allah dalam kondisi wajahnya tanpa sepotong daging pun," (HR. Ahmad).

"Itu maksudnya tidak punya muka di hadapan Allah, harusnya dia malu telah diberikan kemampuan untuk bekerja, berusaha, dan berikhtiar namun malah meminta-minta, apa lagi masih muda," papar Adib.

Selain itu, Adib menganggap tujuan daripada konten kreator TikTok mengemis online bukan hanya untuk mencukupi biaya kehidupan sehari-hari saja, tetapi sudah sampai ingin memperkaya diri sendiri.

BACA JUGA:Marak Ngemis Online di TikTok, Polri Bakal Panggil Konten Kreator!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: