Polda Jateng Uji Coba ETLE Drone di 35 Wilayah

Polda Jateng Uji Coba ETLE Drone di 35 Wilayah

Polda Jateng uji coba tilang ETLE menggunakan pesawat tanpa awak atau Drone. -Korlantas Polri -

BANYUMAS, DISWAY.ID-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng melakukan uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) menggunakan pesawat drone di 35 wilayah Polres jajaran di Banyumas.

Polda Jateng telah uji coba ETLE Drone sejak Selasa 31 Januari 2023 lalu. 

Kepala Seksi Pelanggaran Subditgakum Ditlantas Polda Jateng Kompol Kompol Ilham Syafriantoro Sakti mengatakan, teknologi ini merupakan pengembangan dari ETLE atau tilang elektronik yang sudah dilaksanakan pada tiap-tiap Polres atau Polresta di wilayah Polda Jateng.

BACA JUGA:Ditlantas Polda Metro Harap Dana Hibah ETLE Cair Tepat Waktu

"Kami bersama Satlantas Polres Banjarnegara dan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) melaksanakan sosialisasi dan uji coba penindakan pelanggaran lalu lintas melalui ETLE mobile yang terintegrasi dengan drone,” katanya.

Ia menjelaskan, ETLE Drone ini merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari ETLE yang sudah secara masif selama ini dilaksanakan Polda Jateng dan jajaran.

“Penggunaan drone ini bukan hanya sekedar untuk penindakan hukum. Tapi merupakan bagian dari traffic management untuk memantau arus lalu lintas di titik tertentu seperti di trouble spot dan black spot, termasuk apabila ditemukan pelanggaran akan dilakukan penindakan,” katanya dalam keterangan yang dikutip Kamis 2 Februari 2023.

Adapun teknis atau mekanisme penilangannya, lanjut dia, sama seperti system kerja dari tilang elektronik, kamera drone akan menangkap gambar sejumlah pelanggaran lalu lintas, lalu akan diproses, kemudian notice akan dikirim ke alamat yang bersangkutan.

BACA JUGA:Polres Banjarbaru Terapkan ETLE Bulan Depan

BACA JUGA:Korlantas Uji Coba Drone Khusus Monitoring, Rencana Pengawasan Lalu Lintas dengan Pesawat Tanpa Awak

“Mekanisme nya sama seperti penerapan tilang elektronik. Setelah selesai uji coba di 35 polres, nantinya akan dievaluasi adanya kendala atau ada hal yang perlu diperbaiki. Jadi belum bisa memberikan informasi kapan mulai diterapkan,” jelas Kompol Kompol Ilham Syafriantoro Sakti.

Di Banjarnegara misalnya Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres setempat melakukan uji coba ETLE drone di Jalan Pemuda, Simpang 4 Pos Induk Banjarnegara.

Di Purbalingga, uji coba ETLE Drone dilaksanakan di di simpang empat Mewek dan di Kebumen digelar di seputaran bundaran Tugu Lawet Kebumen, Rabu 1 Februari 2023.

BACA JUGA:Polisi Akan Patroli Pakai Drone, Pelanggar Lalu Lintas Semakin Mudah Ditilang Elektronik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: