Penyebab Gempa Turki Telan Ribuan Korban Jiwa Diungkap

Penyebab Gempa Turki Telan Ribuan Korban Jiwa Diungkap

Gempa itu mengguncang setelah gempa kuat lainnya berkekuatan Magnitudo 7,8 melanda hari yang sama saat dini hari hingga menewaskan ribuan orang di Turki, hal ini menjadi salah satu penyebab gempa Turki telan banyak korban jiwa. -tangkapan layar twitter@yirmiucderece-

Para ahli mengungkap mekanisme fokus dan kegempaan menunjukkan bahwa EAF menukik ke utara dan membentuk batas lempeng yang terdefinisi dengan baik di timur antara Palu dan Çelikhan (turki) dengan gerakan lateral kiri.

Untuk mengukur bahaya seismik di sepanjang EAF, para ahli menghitung waktu pengulangan dan magnitudo maksimum untuk setiap segmen dengan menggunakan katalog kegempaan yang diperpanjang selama 150 tahun.

"Hasilnya menunjukkan waktu perulangan ~150 tahun dengan Mmax (magnitudo maksimal) ~6.7-7.0 di sepanjang segmen Palu dan Pütürge yang aktif secara seismik di timur," tulis para ahli.

"Sedangkan segmen barat yang relatif sepi menghasilkan waktu perulangan yang lebih lama; 237- 772 [tahun] untuk Pazarcık dan 414-917 untuk segmen Amanos dengan magnitudo sedikit lebih besar (Mmax~7-7.4)."

Para ahli dari Yildiz Technical University dan Bogazici University, Turki, itu pun mengungkap Patahan Anatolia Timur ini memiliki pola gempa yang kompleks.

"Kami menyimpulkan bahwa pola kegempaan dan bidang laju regangan di sepanjang EAF dibentuk oleh beberapa faktor seperti ketidakteraturan geometris yang kuat, sambungan heterogen, dan gerakan patahan yang kompleks yang mengarah ke perubahan laju slip patahan yang cepat," kata para ahli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: