Penyebab Gempa Turki Telan Ribuan Korban Jiwa Diungkap

Penyebab Gempa Turki Telan Ribuan Korban Jiwa Diungkap

Gempa itu mengguncang setelah gempa kuat lainnya berkekuatan Magnitudo 7,8 melanda hari yang sama saat dini hari hingga menewaskan ribuan orang di Turki, hal ini menjadi salah satu penyebab gempa Turki telan banyak korban jiwa. -tangkapan layar twitter@yirmiucderece-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,5 dilaporkan mengguncang wilayah Turki bagian tenggara pada Senin 6 Februari 2023. 

Gempa itu mengguncang setelah gempa kuat lainnya berkekuatan Magnitudo 7,8 melanda hari yang sama saat dini hari hingga menewaskan ribuan orang di Turki, hal ini menjadi salah satu penyebab gempa Turki telan banyak korban jiwa.

Seperti dilansir Aljazeera, otoritas layanan darurat Turki atau AFAP melaporkan gempa berkekuatan Magnitudo 7.5 sekitar pukul 13.24 waktu setempat.

Laporan AFAP menyebut gempa itu tergolong dangkal, dengan pusat gempa terletak di lokasi berjarak empat kilometer sebelah selatan-tenggara kota Ekinozu dan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) juga menyampaikan informasi senada soal gempa terbaru di Turki.

BACA JUGA:Gebrakan Honda Bakal Pakai Bahan Bakar Hidrogen, Energi Alternatif di Samping Hebohnya Teknologi Listrik

BACA JUGA:Indonesian Idol Hari Ini Tayang? Cek Jadwal RCTI Lengkap 7 Februari 2023 dan 13 Kontestan yang Lolos Babak Spektakuler

Sebelumnya USGS melaporkan gempa berkekuatan Magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki bagian selatan pada Senin 6 Ferbruari dini hari berpusat di kedalaman 24,1 kilometer dari permukaan Bumi. 

Laporan USGS juga menyebut pusat gempa terletak di lokasi berjarak 23 kilometer sebelah timur Nurdagi, Provinsi Gaziantep. Nurdagi diketahui terletak di dekat perbatasan Turki-Suriah.

Sementara laporan Badan Penanggulangan dan Urusan Darurat (AFAD) sebelumnya mencatat gempa itu berkekuatan Magnitudo 7,4 dan berpusat di kota Pazarcik yang ada di Provinsi Kahramanmaras.

Menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, getaran gempa berkekuatan Magitudo 7,8 di Turki itu juga dirasakan di beberapa negara lainnya, seperti Siprus, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak dan hingga di negara sejauh Rumania, Georgia, hingga Mesir.

BACA JUGA:Lee Seung Gi Umumkan Pernikahan, Nama Yoona SNSD Jadi Trending Topik, Netizen: Kapalku Karam

BACA JUGA:Kocak! Lee Seung Gi Umumkan Pernikahan, Lee Min Ho Malah Komentar Begini

Getaran Terasa Hingga Greenland

Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, dirasakan hingga Greenland, Denmark, demikian diungkapkan oleh Lembaga Survei Geologi Denmark dan Greenland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: