Penyebab Gempa Turki Telan Ribuan Korban Jiwa Diungkap

Penyebab Gempa Turki Telan Ribuan Korban Jiwa Diungkap

Gempa itu mengguncang setelah gempa kuat lainnya berkekuatan Magnitudo 7,8 melanda hari yang sama saat dini hari hingga menewaskan ribuan orang di Turki, hal ini menjadi salah satu penyebab gempa Turki telan banyak korban jiwa. -tangkapan layar twitter@yirmiucderece-

"Gempa bumi besar di Turki tercatat dengan jelas di seismograf di Denmark dan Greenland," kata seismolog Tine Larsen kepada kantor berita AFP.

"Gelombang dari gempa mencapai seismograf di pulau Bornholm Denmark kira-kira lima menit setelah guncangan dimulai," kata Larsen tentang gempa yang terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat atau 01:17 GMT.

“Delapan menit setelah gempa, goncangan mencapai pantai timur Greenland, menyebar lebih jauh ke seluruh Greenland,” ujarnya.

BACA JUGA:Pembangunan JPO Klender Baru Akan Dilanjutkan Pemprov DKI Jakarta, Sempat Mangkrak Karena Pemborong di Blacklist

BACA JUGA:Kasus Fortuner Dinas Polri Tabrak Pemotor di Rawamangun Berakhir Damai, Polisi: Sepakat Secara Kekeluargaan!

Cuaca Buruk

Cuaca buruk menghambat tim penyelamat gempa bumi di wilayah Turki dan Suriah. Selain kehancuran akibat gempa, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan bahwa pihak berwenang sedang berjuang dengan "kondisi cuaca yang sangat buruk".

“Kami berusaha menjangkau wilayah itu secepat mungkin,” kata Oktay kepada media.

Tayangan video di televisi memperlihatkan operasi penyelamatan di kota Diyarbakir, Turki tenggara, menunjukkan lusinan penyelamat dan sukarelawan mencari melalui puing-puing dengan menggunakan jaket musim dingin dengan syal berjuang melawan salju mencari korban yang selamat dari gempa.

“Dingin, dan banyak orang kehilangan rumah mereka berada di tempat terbuka, dan bagian utara Suriah sudah menjadi rumah bagi jutaan orang yang tinggal di tenda,” katanya.

BACA JUGA:Biaya JPO Dekat Skywalk Kebayoran Lama Tembus Rp 25 Miliar, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Anggaran

BACA JUGA:Astaga Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Tulisan Pilu Susi Pudjiastuti untuk Pilot Panen Komentar

Jumlah Korban Jiwa

Gempa dahsyat Turki terus memakan korban jiwa, di mana korban yang berjatuhan mencapau lebih 3.400 jiwa.

Setidaknya 2.316 orang tewas yang dilaporkan di Turki, sementara 1.293 orang meninggal di Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: