Dompet Dhuafa Dan Forum PRB DKI Berikan Edukasi Pengurangan Risiko Bencana Apartemen

Dompet Dhuafa Dan Forum PRB DKI Berikan Edukasi Pengurangan Risiko Bencana Apartemen

Manager Divisi Pengurangan Risiko Bencana Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang juga Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana DKI Jakarta, Achmad Lukman-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY. ID - Dompet Dhuafa bersama dengan Forum PRB DKI mengadakan kegiatan pengurangan risiko bencana Hunian Vertikal di East Park Apartemen Jakarta Timur.

Memiliki 2.000 penghuni, apartemen yang menjulang tinggi ini sengaja dipilih lantaran memiliki resiko terbesar ketika terjadinya bencana, terutama gempa bumi

Oleh sebab itu, Manager Divisi Pengurangan Risiko Bencana Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang juga Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana DKI Jakarta, Achmad Lukman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan edukasi bagi para penghuni dalam menghadapi bencana. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari antisipasi serta edukasi kesiapsiagaan bencana yang terjadi di Ibukota khususnya lokasi-lokasi yang merupakan gedung-gedung bertingkat, apartemen maupun rumah susun," kata Achmad Lukman melalui keterangan resminya, Minggu, 12 Februari 2023.

BACA JUGA:Hujan Seharian, 3 Pohon di Kota Bogor Tumbang, Akses Jalan Terganggu

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa agenda ini sengaja dilakukan berdasarkan dengan bencana yang sebelumnya sempat terjadi di Negara Turki beberapa waktu lalu. 

"Hal ini didasari oleh bencana-bencana yang terjadi, misalnya di Turki, banyak bangunan yang rubuh dan menimpa penghuni di dalamnya tidak hanya itu fisik bangunan pun harus diperhitungkan dari segi kebencanaannya," imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, Negara Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang sangat rentan dengan bencana. Khususnya dibidang geologi seperti gempa bumi tektonik, tsunami hingga erupsi gunung berapi.

BACA JUGA:Capai Rp 1,2 Triliun, Inilah Aset Tersangka Trading Net89 yang Disita Polisi, Ada Bandana Atta Halilintar

Melihat kondisi Indonesia yang seperti itu, banyak warga, khususnya yang tinggal di apartemen maupun di rumah susun merasa takut karena kurangnya pengetahuan dalam menangani bencana di lokasi tersebut. 

"Kalau ada gempa di rumah susun ini gimana caranya menyelamatkan diri ya," kata Tyo salah satu penghuni East Park Apartemen, Jakarta Timur. 

"Apa yang harus kita lakukan bagi masyarakat terutama kami tinggal di tempat ini (apartemen) apabila terjadi gempa atau kebakaran," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: