Guntur Romli Bela Jokowi yang Berikan KTP ke Warga Tanah Merah: 'Anies Baswedan yang Mempolitisir Isu di Warga Pelumpang'

Guntur Romli Bela Jokowi yang Berikan KTP ke Warga Tanah Merah: 'Anies Baswedan yang Mempolitisir Isu di Warga Pelumpang'

Mohamad Guntur Romli-Ilustras: Syaiful Amri/Disway.id/Twitter/@@GunRomli-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Aktivis Jaringan Islam Liberal dan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Guntur Romli menyebut Jokowi tidak salah memberikan KTP kepada warga Tanah Merah.

Saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi memang sempat membagi-bagikan KTP untuk warga.

Guntur Romli melihat tidak ada salahnya seorang pemimpin memberikan KTP kepada warganya.

BACA JUGA:Ketua Komisi D DPRD DKI Usul Warga Terdampak Kebakaran Depo Plumpang Direlokasi ke Wisma Atlet atau Rusun Nagrak

Baginya, yang jelas adalah Jokowi tidak sampai memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ke warga Tanah Merah.

“Jokowi memberikan KTP kepada warga Plumpang di sekitar depo Pertamina adalah tindakan yang bertanggung jawab untuk mengakui mereka sebagai warga DKI," kata Guntur Romli, dikutip Selasa 7 Maret 2023.

"Tapi bukan untuk pengesahan tanah dan lokasi yang mereka tinggal,” tuturnya menambahkan.

Menurut Guntur Romli, saat seseorang sudah resmi menjadi bagian dari warga DKI Jakarta maka jelas tidak boleh dipinggirkan.

BACA JUGA:Pemerintah Mengalah dan Pindahkan Depo Pertamina Plumpang ke Lahan Pelindo, Erick Thohir: Akan Jadi Proyek Percontohan

“Karena itu Gubernur DKI selanjutnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun mengusulkan bahwa mereka benar adalah warga DKI,” lanjutnya.

Kata Guntur Romli, Ahok sudah berupaya untuk merelokasi warga Tanah Merah ke kerusun demi menjauhkan mereka dari bahaya. 

“Tapi itu yang justru ditentang oleh Anies Baswedan dengan memanfaatkan atau mempolitisir isu yang ada di warga Plumpang,” papar Guntur.

“Jadi saat ini ketika ada kebakaran di depo Pertamina dan menyebabkan korban yang tidak sedikit baik korban yang meninggal ataupun luka-luka dan kerusakan yang luar biasa maka disitu ada salah Anies,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: