2,5 Jam Prabowo Jajal Jet Tempur F-16 Falcon: Ternyata Sulit Jadi Penerbang, Kita Akan Tambah Rafael Prancis!

2,5 Jam Prabowo Jajal Jet Tempur F-16 Falcon: Ternyata Sulit Jadi Penerbang, Kita Akan Tambah Rafael Prancis!

Momen Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat jajal jet tempur F-16 Falcon-Foto/Instagram/@bachren71-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto menerima Penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I, setelah mencoba pesawat Jet Tempur F-16 Falcon milik TNI AU di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Prabowo melakukan terbang di back seat pesawat tempur F-16 dengan dipiloti Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu Eka Prayoga, Komandan Skadron Udara 3, dengan ketinggian 10.000 kaki.

Saat mengudara, pesawat F-16 yang dinaiki Prabowo dikawal 2 pesawat F-16 lain, salah satunya diawaki KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Pilot Komandan Skadron Udara 14.

BACA JUGA:Prabowo: Indonesia Mampu Melakukan Overhaul Hercules, Tidak Semua Negara Diizinkan Amerika Serikat!

Prabowo menaiki pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara dengan nomor ekor TS-1601, dan terbang kurang lebih selama setengah jam, mengitari daerah selatan dengan rute Halim-Pelabuhan Ratu dan kembali lagi ke Halim.

Usai mencoba pesawat Jet Tempur F-16, Prabowo menerima Penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I, yang disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam upacara militer di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu 8 Maret 2023.

Prabowo pun mengungkapkan pengalaman terbangnya selama nyaris 30 menit itu sebagai hal yang luar biasa.

"Saya barusan mendapat kehormatan, saya ikut dalam suatu penerbangan yang sebenarnya sangat singkat, tapi bagi saya pengalaman luar biasa," kata Prabowo dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis 9 Maret 2023.

BACA JUGA:Jokowi Klaim Pesawat Super Hercules Baru TNI AU Sangat Canggih, Prabowo: Sejarah Terbesar untuk Pertahanan

Prabowo mengakui kesulitan yang ditempuh para penerbang tempur untuk menerbangkan burung besi.

"Saya baru sadar betapa sulitnya menjadi penerbang, dan apalagi penerbang pesawat yang canggih, pesawat tempur canggih seperti ini,” ujarnya.

Menhan menegaskan, betapa beruntungnya bangsa Indonesia memiliki TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara, yang kuat.

“Tanpa pertahanan yang kuat, kekayaan kita akan diambil terus. Itu pelajaran yang saya dapat hari ini,” tegas Menhan Prabowo.

BACA JUGA:Ketika Prabowo Ditanya Kesediaanya Duet dengan Anies dalam Pilpres 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: