Bicarakan Soal Penundaan Pemilu, AHY: Saya Khawatir Melihat Indonesia Sebagai 'Banana Republic'

Bicarakan Soal Penundaan Pemilu, AHY: Saya Khawatir Melihat Indonesia Sebagai 'Banana Republic'

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dalam kegiatan 'Pidato Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)' di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku dirinya khawatir Indonesia menjadi Republik Pisang jika penundaan pemilu tetap dilakukan. 

Hal itu disampaikan langsung olehnya dalam kegiatan 'Pidato Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)' di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Maret 2023.

"Saya khawatir dunia akan melihat Indonesia sebagai Banana Republic karena semua pejabat negara menduduki kursi kekuasaan tanpa pemilu yang demokratis," ujar AHY dihadapan para kadernya. 

BACA JUGA:Teddy Minahasa Ungkap 4 Keberatan Atas Dakwaan Jaksa di Persidangan

Bahkan, menurut AHY jika itu terjadi, maka para pemimpin Indonesia tidak akan memiliki legitimasi yang kuat dalam memimpin negaranya. 

"Artinya tidak punya legitimasi yang kuat sehingga kekuasaam yang dimiliki tidak sah dan juga tidak halal," imbuhnya. 

Perlu diketahui, Banana Republic atau Republik Pisang itu sendiri merupakan istilah yang diberikan kepada negara yang politiknya dianggap tidak stabil. 

BACA JUGA:Ketika Wahono Saputro Usai Diperiksa KPK Soal Harta Kekayaanya Terkait Istri Rafael Alun

Tidak hanya itu, bahkan ekonomi dari negaranya sendiri sangat bergantung pada ekspor sumber daya terbatas, seperti pisang.

Sebelumnya, kabar penundaan pemilu pertama kali mencuat saat Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat memberikan keputusan atas gugatan yang dilayangkan oleh Partai Rakyat, Adil, dan Makmur (PRIMA). 

Dalam putusan tersebut, Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memerintahkan KPU RI untuk menunda pemilu selama 2 tahun, 4 bulan, 7 hari. 

Bahkan, dalam amar putusannya disebutkan pihak KPU RI melakukan tahapan pemilu dari awal yang mana nantinya akan melibatkan seluruh partai politik peserta Pemilu 2024.

BACA JUGA:Kata Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Soal Rumah Mewah dan Gaya Hidup Putrinya

Tentunya, putusan tersebut sangat tidak disetujui oleh pihak manapun, termasuk Partai Demokrat. AHY menegaskan kalau partai yang dipimpinnya itu menolak penundaan Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: