Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Pertemuan Dengan Partai Politik Peserta Pemilu

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Pertemuan Dengan Partai Politik Peserta Pemilu

Bawaslu RI mengadakan munggahan pengawasan bincang-bincang Bawaslu dengan partai politik peserta pemilu 2024.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengadakan munggahan atau acara jelang Ramadhan.

Acara dikemas dalam program pengawasan bertajuk bincang-bincang Bawaslu dengan partai politik peserta pemilu 2024, di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Maret 2023.

Pada acara tersebut, anggota Bawaslu RI Lolly Suhenti mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat spesial karena pertama kalinya pihak Bawaslu mengundang para partai politik peserta pemilu 2024 agar lebih dekat. 

"Munggahan pengawasan bincang-bincang Bawaslu dengan partai politik menjadi momentum yang pertama secara khusus kami mengundang partai politik untuk bisa lebih dekat dengan Bawaslu," ujar Lolly Suhenti saat ditemui media. 

BACA JUGA:Bawaslu Sidang Laporan PRIMA Terkait Dugaan Pelanggaran KPU

Tidak hanya itu, kata Lolly, kegiatan tersebut juga menjadi pengingat bagi para partai politik peserta pemilu 2024 untuk tidak melakukan pelanggaran, terutama saat bulan ramadan 1444 Hijriah. 

Hal itu dikarenakan selama bulan Ramadan, sering sekali para peserta pemilu melakukan kampanye terselubung, seperti di tempat pendidikan, tempat pemerintahan tempat ibadah, dan sebagainya. 

Bahkan, lanjut Lolly, ada upaya kampanye terselubung yang kemudian berpotensi terjadi politisasi identitas politisasi sara yang kemudian menggunakan bulan suci Ramadhan 

"Kita memang sama-sama tahu bulan Ramadan yang sebentar lagi akan kita lewati sering kali kemudian menjadi ajang juga terjadinya potensi dugaan pelanggaran," kata Lolly Suhenti. 

"Sehingga dalam konteks ini Bawaslu berkepentingan untuk melakukan upaya pencegahan sejak awal," sambung. 

BACA JUGA:Getir, Kata-Kata Terakhir Kades Sebelum Disuntik Mati Oleh Mantri Suami Bidan Bohay

Adapun pencegahan awal yang akan dilakukan oleh Bawaslu, yakni menciptakan komunikasi yang kontruksif dengan para partai politik peserta pemilu. 

"Setelah pertemuan ini akan langsung terbangun grup whatsapp antara Bawaslu dengan LO partai politik ini untuk memastikan informasi antara kami itu berjalan dengan baik," ucap Lolly. 

"Karena sebaik-sebaiknya upaya pencegahan tentu adalah menjaga kepercayaan satu sama lain, meminimalisir berbagai potensi," sambungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: