Teknik Membuat Karya Seni Dua Dimensi, Dari Kuas Hingga Semprot

Teknik Membuat Karya Seni Dua Dimensi, Dari Kuas Hingga Semprot

Karya seni dua dimensi biasa juga disebut dengan gambar atau lukisan yang dibuat pada media datar. -freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID –  Karya seni dua dimensi biasa juga disebut dengan gambar atau lukisan yang dibuat pada media datar.

Meskipun bisa dibilang hanya mengambar, namun jika melakukan pada media tang tidak datar atau pada benda lainnya seperti patung dan sebagainya maka secara tidak langsung karya seni dua dimensi tersebut akan menjadi karya seni rupa 3 dimensi.

Berbagai contoh karya seni dua dimensi dapat kita temui dikeseharian, mulai gambar di pinggir jalan, baliho, famplet, spanduk hingga lukisan dan karya seni lainnya yang dapat dibuat dengan menggunakan teknik kuas hingga semprot.

Karya seni dua dimensi dapat dilihat dari bentuknya, di mana karya seni dua dimensi ini hanya mempunyai dua ukuran saja yaitu panjang dan lebar tanpa adanya dimensi lain.

BACA JUGA:Gudang Impor Pakaian Bekas Dari Pasar Senen Hingga Bekasi Digerebek Aparat

BACA JUGA:Wamenkumham Ungkap IPW Ingin Tenar Atas Pelaporannya ke KPK: Hukum Pelaporan itu Bersifat Rahasia!

Selain itu karya seni dua dimensi disebut juga seni visual karena dalam karya ini hanya menampilkan visual semata dengan memperhitungkan mulai dari komposisi atau tata letak objek dalam bidang yang di gambar atau dilukis.

Dengan memeprhitungkan komposisi dalam pembuatannya secara tidak langsung karya seni dua dimensi dapat dinilai dengan estetika disebut sebagai cara agar agar terlihat lebih manarik dan dapat menonjolkan objek utama dan objek pendukung atau background dalam sebuah karya.


Sketsa dapat dibuat dengan menggunakan pensil dengan membentuk gambaran dasar tentang apa yang akan dibuat sesuai dengan keinginanan.-freepik-

Karya seni dua dimensi telah dimulai sejak zaman dahulu kala, bahkan diberbagai penjuru dunia banyak ditemukan gambar-gambar yang terdapat di dinding goa, dan dari sanalah karya seni dua dimensi terus berkembang hingga menjadi karya lukisan hingga fotografi.

Tal sedikit seniman karya seni dua dimensi dari dalam negeri yang mendapatkan pengakuan dunia, sebuat saja Raden Saleh, Afandi, Widayat, Made Winata, Joko Pekik serta banyak lagi.

Dalam karya seni dua dimensi para seniman mencoba bercerita dan menuangkan ekspresi serta keresahaanya tentang apa yang dialami baik dari diri sendiri maupun lingkungan.

BACA JUGA:Komitmen Subaru Corporation Japan Terhadap Binatang Peliharaan, Ajak Komunitas Anjing Daschund Lebih Dekat

BACA JUGA:Jokowi Berikan 16 kategori Penghargaan Penanganan COVID-19

Saat memulai membuat karya seni dua dimensi biasanya dimuali dengan membuat sebuah sketsa sederhana yang nantinya akan disempurnakan dengan menambahkan berbagai detil lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait