Awas Lho! Aktivitas Ini Justru Buat Berat Badan Makin Naik Meski Berpuasa

Awas Lho! Aktivitas Ini Justru Buat Berat Badan Makin Naik Meski Berpuasa

Aktivitas yang Buat Berat Badan Naik Saat Berpuasa---Pexels

Namun demikian, kenaikan berat badan selama puasa tidak selalu buruk dan bisa saja disebabkan oleh peningkatan massa otot atau peningkatan cairan dalam tubuh.

Jika kenaikan berat badan terjadi karena peningkatan lemak tubuh yang berlebihan, maka hal tersebut bisa menjadi masalah kesehatan dan harus diperhatikan dengan serius.

Beberapa aktivitas yang dapat membuat berat badan naik saat berpuasa antara lain:

1. Konsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi

Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, lemak, dan kalori tinggi dapat membuat berat badan naik. Sebaiknya pilih makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks.

BACA JUGA:Buka Puasa? Santai Aja, Jangan Makan dan Minum Berlebihan Jika Tak Mau Kena Penyakit Ini

2. Konsumsi makanan yang berlemak tinggi

Konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, makanan berminyak, dan santan dapat membuat berat badan naik. Sebaiknya pilih makanan yang diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus.

3. Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik selama bulan puasa dapat membuat berat badan naik. Sebaiknya lakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau senam ringan setelah berbuka puasa.

BACA JUGA:Boy William Tanggapi Kabar Keluarga Merestui Dirinya Nikahi Ayu Ting Ting

4. Konsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa

Terlalu banyak makan saat berbuka puasa dapat membuat berat badan naik. Sebaiknya pilih makanan yang sehat dan cukup untuk mengisi energi yang hilang selama berpuasa.

5. Konsumsi makanan tengah malam

Konsumsi makanan tengah malam setelah berbuka puasa dapat membuat berat badan naik. Sebaiknya hindari makanan tengah malam dan cukup tidur untuk memulihkan energi yang hilang selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: