Sayembara Logo IKN, Jokowi Siapkan Hadiah 10 Unit Motor Listrik Untuk Masyarakat, Ini Cara Mengikutinya

Sayembara Logo IKN, Jokowi Siapkan Hadiah 10 Unit Motor Listrik Untuk Masyarakat, Ini Cara Mengikutinya

Desain pusat Ibu Kota Nusantara-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah mengajak seluruh rakyat Indonesia berpartisipasi untuk memilih logo kota Nusantara sebagai Ibu Kota Negara Indonesia yang baru. 

Pemilihan logo Ibu Kota Nusantara diselenggarakan secara terbuka agar rakyat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Berikut Ini Arah Masuk Taman Margasatwa Ragunan Via Pintu Barat Ragunan dan Pintu Utara

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan hadiah 10 unit sepeda motor listrik yang ditanda tangani langsung olehnya untuk masyarakat pemilih logo yang beruntung.

Dalam sayembara pembuatan desain logo baru ini Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerjasama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Pada tahap pertama masuk sekitar 500 desainer dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang itu.

BACA JUGA:CCTV di Sekitar TKP Kecelakaan Anak Karo Ops Polda NTB Diamankan

Dari sekitar 500 desainer yang berminat, para ahli yang tergabung dalam kepengurusan ADGI kemudian memilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru Ibu Kota Nusantara.

Seleksi tahap awal adalah dengan cara open call ke seluruh member ADGI kemudian dikurasi lewat portofolio yang mereka submit dengan kriteria yang wajib, antara lain berprofesi sebagai desainer grafis profesional minimal 10 tahun dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual.

Melalui penyaringan berdasarkan syarat-syarat diatas oleh para dewan kurator ADGI maka terpilihlah 10 desainer finalis.

BACA JUGA:Penyesalan Dody Prawiranegara, Karir Polisi Puluhan Tahun Hancur Akibat Teddy Minahasa

Selanjutnya 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh OIKN kepada Presiden RI untuk dipilih 5 logo yang diumumkan ke masyarakat.

Setelah diumumkan secara terbuka, masyarakat kemudian dilibatkan untuk memilih desain logo mana yang akan menjadi logo terbaik. Logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono berharap seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam memilih logo baru IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: