50 Stiker QRIS Kotak Amal Palsu Juga Ditemukan di Masjid Istiqlal

50 Stiker QRIS Kotak Amal Palsu Juga Ditemukan di Masjid Istiqlal

Penipuan berkedok stiker barcode QRIS kotak amal ternyata tidak hanya terjadi di sejumlah masjid di kawasan Jakarta Selatan.-tangkapan layar cctv-

JAKARTA, DISWAY.ID - Penipuan berkedok stiker barcode QRIS kotak amal ternyata tidak hanya terjadi di sejumlah masjid di kawasan Jakarta Selatan.

Namun, penipuan berkedok penempelan stiker itu juga terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

"Iya betul. Penempelan diketahui sekitar tiga hari yang lalu," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dikonfirmasi, Selasa, 11 April 2023.

BACA JUGA:Soal Pilot Susi Air yang Disandera KKB, Ini Harapan Brigjen TNI Jo Sembiring: Mari Kita Doakan..

BACA JUGA:Info Loker BUMN Terkini: PT PNM Buka Lowongan untuk S1 dan S2 dari Jurusan IT, Cek di Sini Persyaratannya

Abu mengatakan, aksi penipuan ini terungkap setelah salah seorang petugas Masjid Istiqlal mencurigai stiker barcode QRIS yang tertempel pada kotak amal di masjid itu.

Dalam QRIS tersebut terdapat tulisan 'restorasi masjid' di stiker barcode QRIS tang tertempel di Masjid Istiqlal.

"Ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi mesjid," imbuhnya.

Setelah ditelusuri, ditemukan 50 stiker barcode QRIS kotak amal palsu yang ditempel di sekitar Masjid Istiqlal. Petugas pun langsung mencopot stiker tersebut untuk menghindari jatuhnya korban.

"Total ada 50 stiker. Kita serahkan ke pihak bank. Bank yang punya QRIS yang usut," jelasnya.

BACA JUGA:Komnas PA Sebut Sekarang Waktu yang Tepat untuk Revisi UU SPPA: Ini Momennya!

BACA JUGA:Bisa Kredit! Bank Mandiri Permudah Nasabah Beli Produk Motor Listrik Volta, Caranya Mudah Lewat Fitur Livin’ Sukha

Sebagai informasi, sebuah video yang memperlihatkan seorang pria mengganti barcode QRIS pada kotak amal sebuah masjid viral di media sosial. Aksi pelaku kemudian terekam kamera pengawas dan diketahui lokasinya berada di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan.

“Modus penipuan berkedok QRIS tersebut dilakukan untuk menyedot uang amal dari para jemaah masjid,” tulis akun Instagram @merekamjakarta dikutip, Senin 10 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: