Terbongkar! Rusia Klaim Bukti Amerika Serikat Produksi Senjata Biologis di Ukraina

Terbongkar! Rusia Klaim Bukti Amerika Serikat Produksi Senjata Biologis di Ukraina

Pasukan Rusia ketika berada di kota Kherson Ukraina -ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Komandan Pasukan Pertahanan Nuklir, Biologi, dan Kimia Rusia Letnan Jenderal Igor Kirillov mengaku menemukan banyak bukti kepemilikan senjata biologis Amerika Serikat yang diproduksi di Ukraina Timur.

Kirillov menyampaikan hal itu kepada majelis rendah (Parlemen) Rusia atau Duma pada Selasa 11 Maret 2023.

"Militer Rusia menemukan banyak bukti tentang hal ini di Donetsk, Lugansk, dan Kherson," kata Kirillov, dilansir dari Russia Today.

BACA JUGA:PBB: Perang Rusia - Ukraina Tewaskan 8.490 Warga Sipil

"Kami tidak ragu bahwa AS, dengan kedok memastikan keamanan hayati global, melakukan penelitian penggunaan ganda, termasuk pembuatan komponen senjata biologis, di dekat perbatasan Rusia," sambungnya.

Untuk memperkuat temuan itu, Kirillov mengaku telah mewawancarai banyak saksi mata dan memeriksa sekitar 2.000 halaman dokumentasi yang ditemukan di Wilayah Kherson dan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk.

"Penyelidikan juga melibatkan satuan tugas parlemen dan penegak hukum federal," ujarnya.

BACA JUGA:Rusia Bentuk Pasukan 'Pemburu Tank' Barat yang Dikirim ke Ukraina

Menurut Kirillov, penyelidikan telah mengidentifikasi individu tertentu yang terlibat dalam penelitian bio militer di wilayah AS dan Ukraina.

"Tidak seorang pun, termasuk negara-negara Barat, yang meragukan keaslian dokumen yang diterbitkan," tegasnya.

Moskow membawa masalah biola ke PBB Oktober lalu, meminta penyelidikan internasional, tetapi mosi itu diblokir oleh AS, Inggris, dan Prancis di Dewan Keamanan.

Program di Ukraina sebelumnya dikenal sebagai 'Penelitian biologis bersama' tetapi sejak itu telah diganti namanya menjadi 'Penelitian kontrol biologis', menurut dokumen yang disajikan Kirillov minggu lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: