Pemudik Lebaran 2023 Melalui Bandara AP II Diperkirakan Capai 5,25 Juta Orang

Pemudik Lebaran 2023 Melalui Bandara AP II Diperkirakan Capai 5,25 Juta Orang

Layanan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.-to-

“Instruksi Dirjen Perhubungan Udara agar Posko mulai aktif pada 14 April. Bandara AP II memulai lebih dulu pada 12 April untuk melakukan pengujian operational stressed test agar posko dapat semakin optimal,” ujar Awaluddin.

BACA JUGA:Pengumuman dari Erick Thohir! Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dibuka, Berikut Jadwalnya

Adapun pada tahun ini ada 2 jenis Posko Angleb 2023 untuk melayani pemudik lebaran 2023 di Bandara AP II, yaitu 20 Posko Monitoring di masing-masing bandara dan Posko Utama AP II yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Kedua posko ini diperkuat infrastuktur digital dan teknologi informasi terkini untuk saling terintegrasi.

Posko Monitoring diaktifkan di masing-masing bandara AP II sebagai wadah koordinasi bagi seluruh stakeholder antara lain AP II selaku operator bandara, Otoritas Bandara, Satgas Penanganan COVID-19, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi.

“Posko Monitoring bersifat mendukung koordinasi antar-stakeholder,” jelas Awaluddin.

Sementara itu, Posko Utama AP II diposisikan untuk memantau secara keseluruhan operasional 20 bandara AP II dan bersifat lebih dalam tataran teknis.

BACA JUGA:Resmi! Erick Thohir Bawa Kabar FIFA Tidak Sanksi Berat Indonesia, Hanya Saja..

Posko Monitoring di 20 bandara, ungkap Awaluddin, terintegrasi dengan Posko Utama.

Seluruh laporan dari Posko Monitoring akan masuk ke Posko Utama. Posko Utama akan mengolah data dan laporan untuk menjadi dasar dalam mengambil kebijakan secara cepat guna memastikan kelancaran operasional penerbangan, menjaga tingkat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP), dan juga aspek pelayanan di seluruh bandara.

Salah satu bandara Angkasa Pura II yaitu Bandara Soekarno-Hatta merupakan yang tersibuk dalam melayani pemudik lebaran 2023.

Director of Operation AP II Muhamad Wasid menuturkan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara paling sibuk dalam periode Angleb 2023 ini.

BACA JUGA:APBN Diminta Buat Jaminan Utang Kereta Cepat, DPR Ingatkan Pemerintah Tegas

“Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan melayani 3,19 juta orang pemudik pada Angleb 2023 atau naik sekitar 19,47% dibandingkan dengan Angleb 2022. Sementara untuk pergerakan pesawat mencapai 23.101 penerbangan atau naik dari sebelumnya sebanyak 20.779 penerbangan,” terang Wasid.

Saat ini maskapai sudah mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) di bandara-bandara AP II sebanyak total 1.016 penerbangan tambahan. Mayoritasnya, sebanyak 912 penerbangan tambahan ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: