Tol MBZ Arah Cikampek Macet Total, Sistem Buka Tutup Diberlakukan!

Tol MBZ Arah Cikampek Macet Total, Sistem Buka Tutup Diberlakukan!

Ilustrasi Jalan Layang-tangkapan layar twitter@warjono5-

JAKARTA, DISWAY.ID - Polisi masih memberlakukan sistem buka tutup jalan di jalur masuk tol ruas Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (Tol MBZ).

Upaya tersebut untuk meminimalisir kepadatan arus lalu lintas pemudik di akses keluar KM 48+000 menuju Cikampek.

"Berdasarkan data dan kondisi sampai dengan pukul 10.00 WIB. Sumber arus bangkitan saat ini belum nampak, namun ekor kepadatan masih berada di KM 15 Bekasi Timur dan layang MBZ dilakukan buka tutup untuk minimalisir pertemuan arus di KM 48," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Kamis, 20 April 2023.

Kombes Eddy mengatakan traffic counting di KM 50 A selama 3 jam berturut-turut volume kendaraan mencapai rata-rata 5.817 kendaraan per jam.

BACA JUGA:Korlantas Polri Kembali Terapkan Contraflow di Tol Jakarta - Cikampek KM 36 Sampai KM 70 hingga Pukul 24.00

BACA JUGA:Puluhan Truk Diamankan Saat Mudik Lebaran Gagara Langgar Aturan dan Jadi Biang Kemacetan

"Traffic counting di KM 50A selama tiga jam berturut turut mencapai rata rata 5.817 kendaraan per jam (di atas indicator rekayasa lalu lintas Contraflow >5500 kend/jam) dengan Volume per Capacity Ratio (VCR) = 0,48 sudah memperhitungkan kapasitas lajur dengan Contraflow (2 lajur)," ungkapnya.

Sementara itu, data transaksi rata-rata di GT Cikatama arah Cirebon selama 3 jam berturut turut sebesar 6.106 kendaraan / jam (diatas indikator rekayasa one way di Ruas Cipali yaitu 4.554 kendaraan / jam)

"Traffic counting di tol cipali KM 190 Palimanan pada tiga jam berturut turut rata rata mencapai 4.224 kend/jam, (di atas indicator rekayasa lalu lintas Oneway >4100 kend/jam) dengan Volume per Capacity Ratio (VCR) = 0,46 sudah memperhitungkan kapasitas lajur dengan Oneway (2 lajur)," ujar dia. 

BACA JUGA:Tertutup! Pemerintah Gelar Sidang Isbat Sore Ini di Kemenag, Lebaran Besok?

BACA JUGA:Bupati Sumenep Usulkan Reativasi Jalur Kereta Api di Madura: Lebih Murah Dari Pada jalan Tol

Lebih lanjut, Edy mengatakan jika pihaknya kembali memperpanjang contraflow dari KM 36 sampai dengan 70  di Tol Jakarta Cikampek hingga pukul 24.00 WIB malam nanti. 

"Saat ini untuk mengurai kepadatan pada ruas tol jakarta cikampek dilakukan Contraflow satu lajur pada KM 36 sampai KM 47 dan Contraflow dua lajur dari KM 47 sd KM 70 Gerbang tol Jakarta Cikampek," kata Kombes Eddy. 

Selain itu, Korlantas Polri juga kembali memperpanjang skema penerapan one way di Tol Cipali hingga Kalikangkung hingga Kamis, 20 April 2023 pukul 24.00 WIB malam nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: