Pantau Arus Mudik, Muhadjir Effendy : Tidak Ada Insiden Kecelakaan yang Fatal

Pantau Arus Mudik, Muhadjir Effendy : Tidak Ada Insiden Kecelakaan yang Fatal

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.-Dok Kemenko PMK-

JAKARTA, DISWAY.ID-Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memantau perkembangan situasi arus mudik di Command Center PJR Korlantas Polri, Km 29 Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Kamis 20 April 2023. 

Setibanya di Command Center PJR Korlantas Polri, Menko PMK langsung mendengarkan paparan singkat serta memantau arus melalui ruang pusat kendali K3I.

“Kesimpulan secara umum arus mudik berjalan sangat lancar, tidak ada insiden kecelakaan yang fatal, kemudian penumpukan arus mudik pada beberapa titik tahun lalu sudah tidak terjadi. Sekarang sudah bisa diatasi dengan penambahan fasilitas dan tata kelola yang lebih cermat,” kata Menko PMK.

BACA JUGA:Arus Mudik 2023, Pelabuhan Ciwandan Padat dari Malam Hingga Pagi Hari

BACA JUGA:Mahfud MD Pantau Arus Mudik dari PJR Korlantas Polri : Selamat Berlebaran Semoga Selamat Sampai Tujuan

Lanjut Menko PMK berdasarkan hasil data dan pantauan yang dilakukan Korlantas pada arus mudik tahun 2023 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan dari tahun 2022 lalu. 

Jika tahun lalu volume puncak arus mudik diangka 135.000 kendaraan sedangkan saat ini puncak arus kendaraan pada Rabu malam tadi 19 April 2023, terhitung sebanyak 163.000 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui ruas tol Cikampek.

BACA JUGA:Rekayasa Jalur Mudik 2023 di Tol Jakarta - Cikampek, Akses Arah Jakarta Dibuka 1 Lajur

BACA JUGA:Kapolri: Mulai Ada Peningkatan Arus Mudik 30 Persen ke Arah Timur

“Jadi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada malam tadi tanggal 19 April 2023, dan sekarang sudah ada kecenderungan melandai," jelasnya.

Namun demikian tambahnya, Korlantas tetap melakukan one way ke arah Kalikangkung hingga kondisi dipastikan normal.

“Terimakasih pak Dirgakkum Korlantas yang telah betul-betul mengawal pelaksanaan pelayanan mudik tahun ini, yang terutama sesuai arahan presiden untuk menghindari betul resiko yang fatal. Keselamatan harus diutamakan,” lanjutnya.

Pada kesempatannya, Menko PMK memberikan bingkisan lebaran kepada petugas yang bertugas di command center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: