Bedah Surat Al-Mujadalah Ayat 11, Dalil yang Dipakai Ponpes Al-Zaytun dalam Tata Cara Salat IdulFitri, Sah atau Sesat?

Bedah Surat Al-Mujadalah Ayat 11, Dalil yang Dipakai Ponpes Al-Zaytun dalam Tata Cara Salat IdulFitri, Sah atau Sesat?

Salat IduFitri yang digelalar di Ponpes Al-Zaytun Indramayu-Istimewa-@kepanitaanzaytun

BACA JUGA:Bikin Resah! Ponpes Al-Zaytun Diduga Ajarkan Aliran Sesat, Ridwan Kamil: Tunggu Arahan MUI Baru Kita...

Berikut ini adalah isi dari Surat Al-Mujadalah ayat 11:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, "Berilah ruang dalam majelis", maka berilah ruang, niscaya Allah akan memberikan tempat yang lebih luas lagi untukmu. Dan jika dikatakan, "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui akan apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadalah: 11)

Ayat ini berbicara tentang sikap dan perilaku yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain, khususnya dalam majelis atau pertemuan. 

Kata "tavassau" dalam ayat tersebut, menunjukkan pentingnya memberikan ruang bagi orang lain agar mereka dapat duduk dengan nyaman. 

BACA JUGA: Inilah Profil dan Kontroversi Ponpes Al-Zaytun, Ciri Khas, dan Kewajiban Nyanyi Indonesia Raya Ciptaan Panji Gumilang

Dua pesan utama yang disampaikan dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11

Pertama, Allah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk memberikan ruang dalam majelis atau pertemuan jika diminta. 

Ini menunjukkan pentingnya sikap saling menghormati dan saling memberi kesempatan bagi setiap orang untuk berbicara dan menyampaikan pendapatnya.

Ketika kita memberikan ruang dalam majelis, kita sebenarnya memperlihatkan sikap yang terpuji yaitu sikap rendah hati dan menghargai hak orang lain. 

Kita tidak boleh merasa sombong atau ingin mendominasi percakapan, karena hal tersebut dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman dan merasa diabaikan.

Kedua, ayat ini juga mengajarkan tentang pentingnya mendengarkan perintah Allah dan mengikutinya. 

Ketika kita diperintahkan untuk berdiri atau memberikan ruang dalam majelis, maka kita harus melakukan perintah tersebut tanpa ragu atau enggan.

BACA JUGA:'Syekh' Panji Gumilang Sempat Tersandung Kasus Dugaan Penghinaan dan Pencabulan Guru-guru Ponpes Al-Zaytun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: