Johnny G Plate Tersangka Korupsi BTS, Surya Paloh Kumpulkan Elit NasDem

Johnny G Plate Tersangka Korupsi BTS, Surya Paloh Kumpulkan Elit NasDem

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh langsung mengumpulkan sejumlah elite partainya menyusul penetapan tersangka Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate oleh Kejaksaan Agung.

Johnny G. Plate yang juga Sekjen Partai NasDem itu terjerat kasus dugaan korupsi proyek penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti Kominfo.

“Barusan ditelepon Pak Surya,” kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya kepada wartawan, Rabu 17 Mei 2023. 

BACA JUGA:Surya Paloh Tunjuk Hermawi Taslim sebagai Plt Sekjen Nasdem Usai Johnny G Plate Jadi Tersangka

Willy menyatakan, Surya Paloh akan membicarakan hal tersebut setelah Johnny G. Plate menyandang status tersangka. “Kami akan rembuk rapat dengan Pak Surya,” ucap Willy.

Willy sendiri mengaku belum mengetahui bagaimana kasus yang menjerat Johnny Plate. Ia pun enggan berspekulasi terkait dugaan kriminalisasi atas penahanan Sekjen NasDem itu.

“Ya kita lihat lah nanti, kita enggak bisa berpraduga ya. Kita lihat ya, ranahnya hukum apa, ranahnya politik apa,” tegas Willy.

Sementara itu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan seluruhnya insan Nasdem bersedih dan prihatin atas kasus yang menjerat Johnny.

BACA JUGA:2 Pernyataan Tegas Kominfo Terkait Ditetapkannya Johnny G Plate Sebagai Tersangka Korupsi BTS

BACA JUGA:Sebelum Ditahan, Mobil Johnny G Plate Digeledah Kejagung, Ini yang Diamankan

"Saya memahami kasus seperti ini bukan yang pertama kali dihadapi partai ini tapi untuk hal yang terjadi kali ini kepada Sekretaris Jenderal Partai NasDem saudara kami, Johnny Plate, saya ucapkan sekali lagi kami berduka untuk ini," ujar Surya ditemui di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2023.

Surya Paloh mengatakan suasana kantor NasDem berbeda hari ini, yakni dengan di selimuti kesedihan.

"Kami dalam suasana penuh keprihatinan, kesedihan yang sukar untuk kami tutupi," ungkapnya.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung). 

BACA JUGA:2 Unit Toyota Fortuner Menkominfo Johnny G Plate Digeledah Penyidik Kejaksaan

Sekjen Partai NasDem itu terjerat dalam kasus dugaan korupsi penyediaan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan Infrastruktur Pendukung Paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo 2020-2022.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi memastikan, pihaknya telah menemukan alat bukti untuk menetapkan Johnny G. Plate sebagai tersangka.

BACA JUGA:Terungkap! Kejagung Bongkar Peran Menkominfo Johnny Plate dalam Kasus Korupsi BTS Kominfo

Bahkan, Johnny telah menjalani pemeriksaan sebanyak tiga kali, hingga akhirnya resmi ditahan KPK.

Johnny merupakan tersangka keenam dalam kasus ini, Kejagung sebelumnya telah menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2020 sampai dengan 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: