Terungkap! Video Viral TNI Deklarasi Anies Baswedan Presiden 2024, Begini Sikap Tegas Panglima Yudo Margono

Terungkap! Video Viral TNI Deklarasi Anies Baswedan Presiden 2024, Begini Sikap Tegas Panglima Yudo Margono

Panglima TNI Yudo Margono-Puspen TNI-

JAKARTA, DISWAY.ID - Beredar video dengan narasi ribuan TNI dipimpin Panglima TNI Laksamana Yudo Margono deklarasi yang mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden 2024.

Pusat Penerangan TNI menegaskan bahwa video bernarasi ribuan TNI yang dipimpin Panglima TNI Yudo Margono mendeklarasikan Anies Baswedan Presiden 2024 adalah tidak benar alias hoax.

"Berita viral yang dimuat MI (Manara Istana) berdurasi delapan menit dan dua detik dengan judul “di pimpin langsung panglima yudo Margono !! ribuan TNI resmi deklarasikan Anies presiden 2024” adalah HOAX," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus, Aidil dalam keterangannya, Kamis, 18 Mei 2023.

BACA JUGA:Dirujak Warganet Indonesia! Bek Thailand Jonathan Khemdee yang Buang Boneka dan Medali ke Penonton Minta Maaf: Manusia Tak Lepas dari Kesalahan!

Aidil menyebut video hoax berdurasi 8 menit 2 detik tersebut mengedit video Panglima TNI dan kegiatan prajurit TNI serta kegiatan olah raga Anies Baswedan seolah-olah dalam satu acara Partai NasDem. 

Padahal, lanjut dia, kegiatan olahraga tersebut dilakukan Anies di Kopasus saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Perlu diketahui bahwa kegiatan olahraga Anies Baswedan di Kopasus pada tanggal 9 November 2019 ketika itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Jadi bukan Anies Baswedan dengan anggota partai NasDem di Jawa Barat seperti yang dinarasikan dalam video youtube itu," bebernya.

BACA JUGA:Surya Paloh Pastikan Jhonny G Plate Dapat Bantuan Hukum dari NasDem

Ia menyebut video tersebut diedit sedemikian rupa sehingga seolah-olah prajurit TNI menyampaikan dukungannya kepada Anies.

"Itulah narasi yang seakan-akan dibacakan oleh seorang prajurit TNI AD berpangkat Kolonel yang memakai masker sehingga tidak terlihat gerak mulutnya. Padahal bukan prajurit itu yang mengucapkannya, namun kalau kita tidak jeli seakan-akan perwira TNI itulah yang mengucapkannya," kata Aidil.

Selain itu judul menyebutkan dipimpin langsung Panglima Yudo Margono dengan seragam loreng baret biru, emblem logo TNI AL. Seharusnya seragam Panglima TNI menggunakan loreng baret hitam, emblem Mabes TNI segi lima.

"Dan juga video tersebut adalah kegiatan Laksamana TNI Yudo Margono di dermaga JICT Tanjung Priok saat masih menjabat Kasal," jelasnya.

BACA JUGA:Kejagung Dalami Dugaan Aliran Korupsi Plate ke Parpol

TNI pun meminta pemilik video tersebut untuk meminta maaf dan menghapus video hoax tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: