Beredar Video KKB Pimpinan Egianus Kogoya Ancam Tembak Mati Pilot Susi Air, Kapolda Papua Siap Lakukan Langkah Ini!

Beredar Video KKB Pimpinan Egianus Kogoya Ancam Tembak Mati Pilot Susi Air, Kapolda Papua Siap Lakukan Langkah Ini!

Menurut Mayjen TNI Izak pihaknya hingga saat ini masih belum dapat memastikan kapan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akan dibebaskan.--PapuaBaratNews.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menegaskan bahwa pihaknya akan menyelidiki video Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya mengancam bakal menembak mati pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

KKB Egianus memberi peringatan apabila Indonesia dalam waktu dua bulan masih belum juga mengakui kemerdekaan Papua, maka kapten Philip akan ditembak mati.

Diketahui bahwa Kapten Philip sudah disandra sejak 7 Februari 2023 lalu.

BACA JUGA:Waduh! Dua Bulan Lagi, KKB Ancam Tembak Mati Pilot Susi Air Jika Negosiasi Tetap Buntu

Kini Polda Papua melalui Operasi Damai Cartenz mulai bergerak untuk menyelidiki video ancaman yang telah viral.

"Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyelidiki terkait video tersebut," bunyi siaran pers resmi Polda Papua, Sabtu 27 Mei 2023.

"Dalam video yang beredar, tampak Pilot Susi Air Kapten Philip tengah menyebut KKB akan menembak dirinya jika dalam 2 bulan tak ada dialog soal Papua Merdeka," lanjut siaran pers tersebut.

Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan pihaknya akan berupaya keras untuk bisa negosiasi demi membebaskan pilot Susi Air yang di sandera KKB.

BACA JUGA:KKB Mengancam! Tak Akui Kemerdekaan Papua, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bakal Ditembak, Pangdam Cendrawasih: Kami Tak Ingin Pertumpahan Darah!

Polda Papua rencananya akan mulai negosiasi ke pimpinan Egianus Kogoya untuk mengupayakan keselamatan Kapten Philip.

"Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak Gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya," ujar Mathius pada Kamis 25 Mei 2023.

"Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak pemerintah Nduga bekerja sama dengan Kapolres kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima," tambahnya.

Tim khusus juga sudah diturunkan untuk segera melangsungkan negosiasi dan memfasilitasi semua pihak.

BACA JUGA:Polisi Selidiki Video Viral soal Pilot Susi Air Kapten Philips Akan Ditembak KKB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: