Pesan Penting Menag Yaqut saat Lepas Penerbangan Haji Perdana di Bandara Kertajati, Beberkan Skenario Baru

Pesan Penting Menag Yaqut saat Lepas Penerbangan Haji Perdana di Bandara Kertajati, Beberkan Skenario Baru

Gus Yaqut Umumkan Satu Ramadan 1443 H---Kemenag.go.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berikan pesan penting saat melepas keberangkatan jemaah haji di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

Diketahui, ini merupakan penerbangan haji perdana sejak Bandara Kertajati berdiri.

Dalam keterangannya, Gus Yaqut ungkap skenario terkait keberangkatan haji di tahun depan.

"Ini merupakan penerbangan pertama untuk jemaah haji di Jawa Barat bagian utara," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Majalengka, Jawa Barat, Minggu 28 Mei 2023.

BACA JUGA:Catat! Punya Keluhan Pelayanan Haji hingga Sertifikasi Halal, Masyarakat Bisa Lapor Kesini

"Tahun depan kita coba skenariokan bagi jemaah haji Jawa Tengah bagian barat dan selatan juga diberangkatkan dari sini," imbuhnya.

Berdasarakan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Kloter KJT-01 terdiri dari 366 jemaah haji beserta delapan orang petugas. 

Kloter pertama dari Embarkasi Kertajati ini berasal dari Kabupaten Majalengka.

Pada musim haji 1444H/2023M ini, Embarkasi Kertajati akan memberangkatkan 24 kloter jemaah haji Jawa Barat yang berasal dari tujuh kabupaten/kota, yaitu: Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang.

BACA JUGA:Perdana! 366 Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Kertajati, Menag Yaqut: Jangan Sungkan Minta Bantuan ke Petugas!

Menag juga menyempatkan berbincang dengan para jemaah haji di Bandara Kertajati. 

Khusus kepada jemaah haji lansia, Menag berpesan agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah. "Kalau butuh apa-apa, segera minta bantuan petugas, jangan sungkan-sungkan," pesan Menag.

Ia juga mengingatkan bahwa kondisi cuaca di Arab Saudi suhunya amat tinggi. 

"Tadi saya cek, hari ini suhunya mencapai 50 derajat celcius. Jangan lupa gunakan alat pelindung diri bila ingin beraktivitas di luar," pesan Menag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: