Kemenlu Inisiasi Perumusan Strategi dan Promosi Pariwisata Bali untuk Pasar India

Kemenlu Inisiasi Perumusan Strategi dan Promosi Pariwisata Bali untuk Pasar India

Gerbang depan kompleks Puri Tampaksiring di Gianyar, Bali.-Julian Romadhon-

BACA JUGA:Terjawab! Lionel Messi Resmi Gabung Al Hilal Dengan Gaji Rp 9,5 Triliun

Kemenlu turut diharapkan dapat mendorong upaya debottlenecking atas isu-isu dimaksud.

Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu, Trisari Dyah Paramita, menyampaikan perlunya promosi bersama.

Hal ini dapat dilakukan misalnya melalui collaborative marketing events dan sales mission antara KBRI New Delhi, KJRI Mumbai, dan Kemenparekraf.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini melalui pesan videonya juga menyampaikan perlunya digital marketing dan highlight desa wisata serta diversifikasi melalui pendekatan Bali and beyond.

Made mengundang perwakilan RI di India untuk sinergikan dan kolaborasikan rencana flagship program perwakilan.

Pertemuan juga menghadirkan salah satu agen perjalanan yang memiliki kantor perwakilan di Australia, Indonesia dan India.

CEO agen perjalanan tersebut, Jemy Soetrisno sampaikan potensi garap wisman yang merupakan diaspora India di Australia, termasuk mahasiswa untuk berkunjung ke Bali.

Jemy juga sudah melakukan kolaborasi dengan salah satu desa wisata di Bali untuk masuk kedalam paket wisata mereka.

BACA JUGA:Sudah Ada Messi, Lionel Scaloni Boyong Pemain Baru Ini Untuk Lawan Timnas Indonesia

Pertemuan diakhiri dengan perumusan rencana aksi sebagai way forward untuk menggarap pasar India. Rencana aksi dirancang untuk mengatasi isu-isu utama yang telah teridentifikasi.

Misalnya, pembukaan rute penerbangan langsung oleh maskapai India maupun Indonesia yang sudah memiliki rute penerbangan dari dan ke salahsatu kota di India dan Indonesia, serta penjajakan ke maskapai penerbangan lainnya, penyelenggaraan familiarization trip untuk mengenalkan obyek wisata baru, hingga pemajuan ekraf melalui penjajakan joint-production film Bollywood di Bali.

Kemenlu tekankan pentingnya meneruskan komitmen kolaborasi ke depan untuk kesuksesan promosi pariwisata Bali melalui implementasi berbagai agenda yang telah disepakati bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: