Ini Sanksi Tak Lakukan Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Awas Jangan Sampai Melanggar

Ini Sanksi Tak Lakukan Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Awas Jangan Sampai Melanggar

Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta segera memberlakukan denda kendaraan tak lulus uji emisi karbon serta yang tidak mengikuti uji emisi mulai dari tarif parkir mahal hingga tilang mencapai Rp 500 ribu. -pmj-

JAKARTA, DISWAY.ID - Uji emisi kendaraan bermotor harus diperhatikan, karena jika melanggar akan dikenakan sanksi.

Sanksi tersebut bukan hanya untuk kendaraan yang tidak melakukan uji emisi, namun untuk yang tidak lulus uji emisi gas buang kendaran bermotor juga. 

Dilakukannya penindakan terhadap uji emisi gas buang kendaraan bermotor ini tidak lain adalah untuk menekan bahaya yang ditimbulkan dari polusi udara atau pencemaran yang disebabkan penggunaan kendaraan bermotor yang terus meningkat.

Berdasarkan Pasal 47 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

BACA JUGA:Bertemu Mazda dan Fuso, Menperin Bahas Komitmen Investasi Hingga Elektrifikasi Kendaraan Niaga

Jenis kendaraan bermotor yang harus memenuhi syarat uji emisi yaitu sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, dan kendaraan khusus.

Untuk kendaraan bermotor mobil penumpang, mobil bus, mobil barang. dikelompokan berdasarkan fungsinya yaitu kendaraan bermotor perorangan, dan kendaraan bermotor umum.

Dari pasal ini jelas bahwa semua jenis kendaraan bermotor wajib dilakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor.

Hal ini berdasarkan Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. 

BACA JUGA:482 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek saat Long Weekend Pekan Ini

Adapun sasaran uji emisi gas buang berdasarkan pergub DKI tersebut, yaitu kendaraan bermotor yang meliputi mobil penumpang perseorangan, dan sepeda motor yang batas usia kendaraannya lebih dari 3 (tiga) tahun, dan uji emisi gas buang dilakukan paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun.

Jadi kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan di wilayah Provinsi DKI Jakarta wajib lulus uji emisi, dengan bukti lulus uji emisi gas buang berupa kertas hasil cetakan dari system informasi uji emisi, dan keterangan lulus uji emisi dalam system informasi uji emisi.

Pengecekan lulus uji emisi gas buang kendaraan bermotor ini bisa dilakukan melalui aplikasi e-uji emisi yang dapat dinstall, diakses dan digunakan oleh setiap penggunanya, dan untuk memastikan apakah kendaraanya lulus uji emisi atau tidak, maka pengguna aplikasi hanya tinggal memasukkan nomor polisi kendaraannya ke dalam aplikasi tersebut. Dan setelah itu bisa dilihat hasilnya apakah kendaraannya sudah lulus uji emisi atau belum.

Ketika membuka aplikasi e-uji emisi, masyarakat bisa mengetahui tentang sejarah uji emisi kendaraan, tempat bengkel uji emisi, mengecek hasil uji emisi, melakukan pendaftaran bengkel, informasi uji emisi, dan melakukan pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: