Izin Operasional Dicabut, Kemendikbudristek: STIE Tribuana Lakukan Tiga Pelanggaran, Pihak Kampus Buka Suara!

Izin Operasional Dicabut, Kemendikbudristek: STIE Tribuana Lakukan Tiga Pelanggaran, Pihak Kampus Buka Suara!

Kemendikbudristek cabut izin operasional STIE Tribuna-ilustrasi-KBE

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan telah mencabut izin operasional STIE Tribuana yang berlokasi di Jalan Radio, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Keputusan pencabutann izin operasional itu tertuang dalam surat Kemendikbudristek No. 0319/E/DT.03.09/2023, tanggal 3 Mei 2023.

Di mana, STIE Tribuana telah dikenakan sanksi administratif berat berupa pencabutan izin pendirian perguruan tinggi.

BACA JUGA:Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi Dicabut Kemenristekdikti

Direktur Ditjen Diktiristek Kemendikbud, Lukman mengatakan pihaknya telah menemukan berbagai jenis pelanggaran di STIE Tribuana Bekasi.

"Pertama, tidak sesuai standar pendidikan tinggi. Kedua, jual beli ijazah. Ketiga, ada pembelajaran fiktif, kemudian ada penggelapan beasiswa," kata Lukman dalam keterangannya, Kamis 8 Juni 2023

Lukman menyebut, bahwa telah ditemukan berbagai jenis pelanggaran di STIE Tribuana Bekasi utamanya melakukan pelanggaran penyelewengan beasiswa Kartu Indonsia Pintar Kampus (KIP-K).

“Yang jelas di sana lebih dominan penyimpangan KIP-K,” ujarnya.

BACA JUGA:Jual Beli Ijazah! Kemendikbudristek Cabut Izin Operasional 23 Kampus Swasta, Paling Banyak di Jakarta! Mana Saja?

Lukman mengungkapkan, penyimpangan beasiswa KIP-K itu terlihat dari ditemukannya penahanan hak-hak yang seharusnya didapat oleh mahasiswa. Salah satunya hak living cost.

“Biaya hidup itu kan diserahkan mahasiswa, ini masih ditahan oleh pihak kampus tidak diserahkan kepada mahasiwa,” ucapnya.

Menurut Lukman, hal itulah yang kemudian menjadi dasar Kemendikbudristek mencabut izin operasional STIE Tribuana Bekasi.

Menanggapi hal itu, Pemilik STIE Tribuana, Suroyo menyatakan bahwa tidak seharusnya izin pendirian perguruan tinggi STIE Tribuana Bekasi dicabut.

BACA JUGA:Beasiswa KIP Kuliah Merdeka 12 Juta Rupiah Per Semester Dari Kemendikbudristek, Begini Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: