Kapolri Listyo Sigit Komitmen Akan Permudah Masyarakat Bikin SIM

Kapolri Listyo Sigit Komitmen Akan Permudah Masyarakat Bikin SIM

Kapolri Listyo Sigit Prabowo -Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk kebutuhan masyarakat dalam membuat surat izin mengemudi (SIM).

"Kalau bisa satu bulan ini ujian praktik SIM dipermudah, disesuaikan,” ujar Kapolri di PTIK, Jakarta, seperti dikutip Kamis 22 Juni 2023. 

Kapolri menerangkan beberapa praktik SIM seperti melakukan putaran angka delapan hingga berjalan zig-zag untuk dilakukan peninjauan kembali apakah saat ini masih relevan atau tidak, serta apakah ujian tersebut memiliki korelasi dengan tujuan dasar pembuatan SIM.

BACA JUGA:Praktik Pembuatan SIM Minta Diperbaiki, Kapolri: Kalau Lulus Jadi Pemain Sirkus

BACA JUGA:Bikin SIM Perlu Sertifikat Mengemudi? Begini Penjelasan Polri

“Jangan terkesan bahwa pembuatan ujiannya khususnya praktik ini hanya untuk mempersulit dan ujung-ujungnya di bawah meja. Enggak tes, malah lulus. Ini harus dihilangkan,” kata Kapolri.

Listyo menilai dengan ujian yang ada saat ini hanya sedikit pemohon SIM yang bisa lulus.

BACA JUGA:Alasan Pembuatan SIM Baru Harus Disertai Sertifikat Mengemudi, Polri Singgung Pengetahuan Berkendara

Oleh karenanya, Listyo Sigit menyatakan diperlukan ujian yang mudah untuk mendapatkan SIM.

“Saya kira kalau saya uji dengan tes ini yang lulus paling 20. Benar nggak? nggak percaya? kalian langsung saya bawa ke Daan Mogot langsung saya uji. Ya, karena kalau yang lolos dari situ, nanti pasti bisa jadi pemain sirkus. Jadi hal-hal yang begitu diperbaiki,” pungkas Kapolri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: